HEADLINENEWSSAMOSIR

CS Warga Pangururan Terkonfirmasi Covid-19

Senin, 28 September 2020, 06:15 WIB
Last Updated 2020-09-28T06:21:53Z
Petugas Covid-19 (Ilustrasi)

SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM
CS (24) Satu warga Desa Parsaoran I,  Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir saat ini terkonfirmasi  Covid-19.

Demikian disampaikan Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Samosir, Rohani Bakkara, Minggu (27/9).
Peta persebaran Covid-19.

CS sejak 19 Sepetember lalu, menjalani perawatan, namun ketika ditanya riyawat perjalanan dan dimana tertular,  Jubir GTPP yang juga Kadis Kominfo Samosir ini tidak dapat menjelaskannya.

"GTPP Covid-19 Samosir menegaskan tugas utama kita saat ini adalah menjaga yang sehat, mencegah infeksi, dan siapkan mitigasi. Tiga hal ini, tentu saja, didasarkan pada protokol kesehatan: jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun (hand sanitizer), jaga jarak interaksi, dan hindari kerumunan jika tidak perlu, kata Kadis Kominfo ini.

Menurutnya, seluruh pihak seharusnya memberi penekanan pada penjagaan anak-anak, para lansia, dan para penderita penyakit bawaan. Penekanan ini katanya dimaksudkan agar mereka terhindar dari infeksi Covid-19 sedapat mungkin dan, jika terinfeksi, mereka sangat rentan karena imunitas tubuh yang tidak begitu tinggi.

"Di rumah kita masing-masing, mari benar-benar jaga anak-anak, para lansia, dan penderita penyakit bawaan. Biarlah mereka lebih banyak beraktivitas di sekitar rumah dan jangan diikutkan dalam kerumunan-kerumunan, dan jika pun harus, mari perlengkapi mereka dengan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten," ujarnya.

Dilanjutkan, upaya jaga yang sehat dan cegah infeksi, untuk saat ini, hanya dapat dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat sedangkan mitigasi telah disiapkan oleh GTTP Covid-19 Samosir yang dikordinasikan oleh Dinas Kesehatan Samosir dan RSUD dr. Hadrianus Sinaga.


"Mari kita lakukan bagian kita masing-masing secara terus menerus. Bagian masyarakat adalah melaksanakan protokol kesehatan dan bagian GTPP Covid-19 adalah senantiasa siaga melaksanakan mitigasi manakala terdeteksi adanya infeksi Covid-19 di Samosir," terangnya.

Sekedar mengingatkan, sejak pandemik Covid-19, melanda Indonesia Maret 2020 lalu, Kabupaten Samosir telah tercatat 1 pasien meninggal dunia, 1 pasien sembuh dan 1 pasien terkonfirmasi.(BG/TS1)

TRENDINGMore