NEWSSAMOSIR

Pjs Bupati Samosir Buka Festival Ulos

Kamis, 15 Oktober 2020, 16:35 WIB
Last Updated 2020-12-03T00:37:47Z

 

Pjs Bupati Samosir Lasro Marbun, membuka Festival Ulos.

SAMOSIR- BERITAGAMBAR.COM

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Samosir menggelar Festival Ulos dengang mengusung tema “Torsani Sibolang” yang akan berlangsung selama tiga hari (15-17/10) di Open Stage pangururan dan Gedung Balai Serafhim Pangururan.


“Ulos merupakan ciri khas suku Batak yang perlu kita jaga, pelihara dan dikembangkan. Ulos merupakan peninggalan berharga yang harus kita lestarikan kepada generasi penerus agar tidak tertindas oleh kemajuan jaman yang akan datang,” ujar Pjs Bupati Samosir Lasro Marbun.



Adapun ajang yang di perlombakan untuk festival ulos antara lain Fashion Show busana Ulos yang diiukuti oleh peserta dari tingkat Tk/Paud sampai dengan SMA dan penilean lomba Bertenun Ulos Sibolang dan Stola Bintang Maratur.


Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan pelestarian kekayaan budaya lokal khususnya ulos sebagai warisan budaya Batak dalam kemajuan kebudayaan Indonesia.


Penjabat Bupati Samosir, Lasro Marbun yang membuka acara ini, dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya Festival Ulos.


Dengan Festival Ulos ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan rasa bangga memakai busana ulos bagi generasi muda sebagai suku Batak.


“Dengan semakin berkembangnya budaya Ulos Batak diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung di Samosir,” imbuhnya. (BG/TS)


TRENDINGMore