NEWSPERISTIWASUMUT

Fenomena La Nina Dua Sungai Di Asahan Meluap

Kamis, 05 November 2020, 00:07 WIB
Last Updated 2020-11-04T23:10:12Z

 

Anak-anak desa terusan tengah bermain di jalan Desa Terusan Tengah, Kec Tinggiraja, Kab Asahan, yang dilanda banjir akibat curah hujan tinggi efek fenomena La Nina.

ASAHAN-BERITAGAMBAR.COM

Efek fenomena La Nina, mengakibatkan curah hujan tinggi di wilayah Sumatera Utara, sehingga dua sungai di Kab Asahan (Sungai Silau dan Hianga) meluap dan merendam 20 rumah, dan diprediksi akan terus bertambah.


Sekretaris BPBD Asahan Khaidir Sinaga, saat dikonfirmasi, Rabu (4/11), menjelaskan bahwa banjir telah merendam 20 rumah warga  di Desa Terusan Tengah, Kec Tinggiraja, Kab Asahan, dengan ketinggian air mulai 20 Cm - 60 Cm. Hal ini dikarenakan dua sungai meluap secara bersamaan, diakibatkan curah hujan tinggi.


Menurutnya, curah hujan tinggi ini dari efek fenomena La Nina (sebuah fenomena yang ditandai dengan suhu lebih dingin di kawasan Samudra Pasifik bagian tengah dan timur, sementara di bagian barat lebih panas, yang memicu meningkatkan curah hujan tinggi), ditambah dengan adanya pendangkalan sungai sehingga meluap.


"Data terakhir ada sekitar  20 rumah yang terendam, dan diprediksi air akan terus bertambah, diiringi dengan tingginya curah hujan," jelas Khaidir.


Oleh sebab itu, kata Khaidir, untuk mengantisipasi banjir susulan, pihaknya menghimbau warga untuk menjaga dengan membersihkan saluran penampungan air, baik itu drainase dan parit, sehingga tidak mengganggu arus pembuangan air. Kemudian ditambah lagi dengan masyarakat tidak melakukan alih fungsi lahan, sehingga banyak daerah resapan air. Pemerintah sebelumnya telah memberikan surat edaran, kepada 25 camat, karena diprediksi BKG bahwa curah hujan tinggi hingga awal 2021.


"Langkah yang paling ampuh dalam penanggulangan banjir adalah adalah dengan menjaga lingkungan dan kebersihan saluran pembuangan," jelas Khaidir.


Sebelumnya, berdasarkan arsip Waspada, pertengahan Juni 2020, karena tingginya curah hujan dan beberapa sungai sungai di Asahan di meluap, mengakibatkan 1.112 rumah di 12 desa, pada tiga kecamatan ( Tinggiraja, Setiajanji, dan Buntupane)  terendam banjir, dengan ketinggian air mulai 15 Cm - 100 Cm. (net)


TRENDINGMore