NEWSSUMUT

Hujan Deras, Ruas Jalan Di Paluta Terendam Banjir

Kamis, 12 November 2020, 20:57 WIB
Last Updated 2020-11-13T00:41:21Z

 

curah hujan tinggi, sungai meluap di Paluta.

 GUNUNGTUA-BERITAGAMBAR.COM

Curah hujan tinggi melanda wilayah Kabupaten Padanglawas Utara sejak Rabu (11/11) sore sampai Kamis (12/11) dini hari mengakibatkan sejumlah ruas jalan yang berada dipinggiran sungai terendam banjir. 


 Pantauan Waspada, akibat hujan deras itu mengakibatkan beberapa aliran sungai meluap. Seperti di Desa Hajoran Kecamatan Padang Bolak, sepanjang 5 Kilometer ruas jalan tidak bisa dilintasi akibat luapan banjir dari sungai Siombal dan Batang Ilung. 


 Informasi diterima dari salah seorang warga Hajoran, Rahmat Harahap mengatakan, ruas jalan menuju desa Hajoran Baru dan Hajoran Lama tidak bisa dilintasi akibat ruas jalan terendam banjir setinggi satu meter. 


 "kendaraan tidak ada yang bisa melintas. Hanya ruas jalan yang terendam dan lahan pertanian warga. Sedangkan pemukiman tidak ada terendam, karena posisi rumah warga berada di atas jalan, " terangnya. 


 

 Sungai Barumun Meluap, Simangambat Tergenang


 Sementara, informasi yang diterima Sungai Barumun juga meluap dan menggenangi ruas jalan di Simangambat. 


 Imran Affandi,  BNPB Paluta ketika dihubungi membenarkan ada beberapa daerah yang terendam banjir akibat luapan suangai. 


 Katanya, ia bersama tim masih perjalanan menuju Kecamatan Simangambat dan desa Hajoran di Kecamatan Padang Bolak. 


 Terpisah, Camat Kecamatan Simangambat, Umar Bhakti Harahap dikonfirmasi membenarkan kejadian meluapnya sungai Barumun mengakibatkan ruas jalan tergenangi banjir. 


 "Setiap tahunnya, wilayah Kecamatan simangambat ini merupakan langganan banjir apabila sungai barumun meluap. Karena posisi wilayah Simangamat  memang berada dekat Sungai Barumun. Dan belum ada solusi untuk mengatasi banjir ini," katanya. (net)


Sungai meluap, sejumlah daerah di Paluta digenangi banjir. 

TRENDINGMore