NEWSSAMOSIR

Komisi II DPRD Samosir Kunker ke Food Estate

Rabu, 04 November 2020, 20:03 WIB
Last Updated 2020-11-13T13:06:23Z
Komisi II DPRD Samosir konsultasi pengembangan pertanian ke Humbang Hasundutan.



SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM

Komisi II DPRD Kabupaten Samosir menggelar konsultasi terkait pengembangan Food Estate Hortikultura yang merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan terintegrasi di Desa Riaria Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Rabu (4/11)


Konsultasi Komisi II DPRD Samosir ini diterima Sekretaris Dinas Pertanian Humbahas, Ida Mariana Manullang, UPT Alsintan, Irianto Manullang, Staff ahli Bupati, Lamhot Hutasoit dan R Pakpahan serta Kadis Pariwisata, Sabar Purba.


Pada konsultasi yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Saut Martua Tamba ST ini, rombongan legislatif tersebut diajak meninjau lokasi Food Estate Hortikultura di Desa Riaria Kecamatan Pollung, yang beberapa pekan lalu diresmikan Presiden Joko Widodo.


“Kunjungan kami ke Humbang Hasundutan ini dalam rangka berkonsultasi pengembanga Food Estate Hortikultura, agar kiranya nanti Kabupaten Samosir sebagai salah satu daerah pertanian bisa dikembangkan,” tutur Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba.


Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Pertanian Humbahas, Ida Mariana Manullang menyampaikan selamat datang kepada Komisi II DPRD Samosir bersama rombongan dan mengapresiasi yang setinggi tingginya atas kunjungan ini dalam rangka meninjau langsung Program Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan.


Dijelaskan, Program Food Estate merupakan terobosan Pemerintah Pusat yang dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional melalui suatu konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi.


Terdapat dua provinsi yang menjadi lokasi Food Estate, yaitu Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Di Provinsi Sumatera Utara, Program Foood Estate ini meliputi beberapa Kabupaten, yaitu Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Pakpak Bharat dan Kab. Tapanuli Tengah.


Sasaran Pembangunan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan adalah meningkatnya luas tanam dan produksi bawang merah, putih dan kentang, tersedianya benih hortikultura yang bermutu dan meningkatnya kapasitas petani melalui korporasi.


“Target luasan pengembangan 23.365,97 ha dan untuk tahun 2020 seluas 1000 ha yang bertempat di Desa Riaria Kec. Pollung,” jelas Sekdis Pertanian Humbahas.


Pada konsultasi ini, DPRD Samosir mendapatkan banyak saran dan masukan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang pada dasarnya bermuara untuk mensejahterakan masyarakat secara khusus masyarakat petani di Samosir.(BG/TS)


TRENDINGMore