NEWSSUMUT

Masyarakat Sumut Bisa Cetak Sendiri KTP El

Selasa, 10 November 2020, 13:06 WIB
Last Updated 2020-11-10T06:06:17Z

 

Pemko Medan kini sudah memiliki mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), 

MEDAN-BERITAGAMBAR.COM

Pemko Medan kini sudah memiliki mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yang diresmikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumut, Ismael P Sinaga.


Mesin ADM ini bisa mencetak e-KTP dan surat-surat sipil lainnya, seperti akta kelahiran, kartu keluarga, kartu identitas anak dan akta kematian. ADM bisa mengurangi potensi terjadinya korupsi. Hal ini disebabkan hilangnya persinggungan antara petugas dengan dengan masyarakat. Mesin ini bisa ditempatkan di berbagai tempat umum, seperti di pusat perbelanjaan (mall ), tempat wisata dan tempat tempat yang dianggap mudah untuk diakses.


Peresmian ini ditandai dengan uji coba pencetakan dokumen administrasi kependudukan masyarakat yang hadir. Namun, kecepatan pencetakan dokumen kependudukan tergantung keberadaan sinyal server.


"Tadi ada kendala jaringan, server dukcapil Jakarta. Nanti kami upayakan agar ada keringanan jaringan untuk mempermudah," ujar Ismael di Kantor Disdukcapil Medan, Jalan Iskandar Muda, Medan, Selasa (10/11).



 

Dia menyebut Kota Medan menjadi pilot project dari ADM dan berharap daerah lain yang memiliki wilayah luas untuk dapat mengadakan ADM. "Desember nanti akan ada ADM satu unit bantuan dari Gubernur untuk Medan. Rencananya diletakkan di Medan Utara," ungkapnya.


Pjs Wali Kota Tanjungbalai ini berharap agar ADM di Disdukcapil Medan dapat beroperasi selama 24 jam. "Layaknya ATM yang operasionalnya 24 jam, nanti tinggal diatur ada yang menjaga. 


Masyarakat yang mau mencetak dokumen kependudukan di ADM sudah lebih dahulu memohon dan mendapatkan user id dan password, jadi tinggal melakukan pencetakan. Memang ada kapasitas jumlah dokumen yang dicetak," bilangnya.(BG/JPnet)


TRENDINGMore