NEWSPERISTIWASUMUT

Ratusan Rumah di Sergai Diterjang Puting Beliung

Minggu, 29 November 2020, 00:49 WIB
Last Updated 2020-11-29T00:52:13Z
Rumah warga Dusun XVI Kampung Samben dan Dusun XV Kampung Jati Desa Sei Bamban Kec.Sei Bamban  yang rusak berat akibat dihantam angin puting beliung.



SEIBAMBAN-BERITAGAMBAR.COM

Hujan lebat disertai angin puting beliung menghantam rumah warga di Dusun XV  Kampung Jati dan Dusun  XVI  Kampung Samben Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),  Sabtu (28/11) sekira pukul  16:30.


Akibatnya  kejadian tersebut diperkirakan  ratusan rumah penduduk rusak, yang sebagian besar  mengalami rusak berat dengan kondisi  seng beserta kap rumah sempat terbang terbawa angin puting,  bahkan ada yang terbawa angin hingga puluhan meter.


Selain itu kabel listrik tegangan tinggi di Dusun XVI Kampung Samben sempat terputus sehingga aliran listrik padam dan hingga berita ini  dikirim pihak PLN tengah melakukan perbaikan.

Suhardi warga Dusun XVI Kampung Samben Desa Sei Bamban, mengatakan saat itu dia dan suaminya tengah berada didalam.rumah, tiba-tiba turun hujan lebat disertai .angin kencang.


" Begitu kami akan menjalankan sholat Ashar, seluruh kap rumah beserta sengnya terangkat angin hingga terbang dan terjatuh didepan rumah, kami buru-buru menyelamatkan.diri", tutur Kahiriah.


"Seluruh perabotan rumah basah dan dia beserta keluarganya untuk sementara mengungsi ke rumah tetangga.  


Hal senada juga diutarakan Sri Ningsih, seluruh kap dan seng rumah induk dan teras terangkat angin puting beliung, bahkan sebagaian kap berikut seng rumahnya menimpa rumah tetangga.


Untuk sementara Ningsih beserta keluarga tinggal di ruang dapur yang luput dari terjangan angin puting beliung yang disertai hujan.


Kepala Desa Sei Bamban Fadli Lubis membenarkan terjadinya hujan lebat disertai angin puting beliung Sabtu sore .


"  Data sementara di Dusun XV Kampung Jati  korban angin puting beliung ada 72 unit rumah  dan di Dusun XVI Kampung Samben 28 unit rumah,sebagian besar mengalami rusak berat", terang Fadli.


Berhubung aliran listrik padam dan hujan masih turun sebut Kades, pendataan akan dilanjutkan esok hari, tutupnya. (id.ws)


TRENDINGMore