EKONOMINASIONALNEWS

Diperkirakan, Hari Ini Puncak Arus Balik di KNIA

Minggu, 03 Januari 2021, 09:49 WIB
Last Updated 2021-01-03T04:01:49Z

 

Bandar Udara Kualanamu Internasional mulai dipadati penumpang arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2021.

DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Pergerakan arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 di Kualanamu International Airport (KNIA) akan terjadi, Minggu (3/1). Pihak PT. Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola bandara,siap mengantisipasi lonjakan penumpang dengan tetap menetapkan protokol kesehatan (prokes).


Informasi dihimpun, pergerakan arus balik Nataru di KNIA mulai terlihat sejak Jumat (1/1). Hal itu ditandai dengan jumlah penumpang yang berangkat lebih banyak dari yang datang.


“Benar kalau dari data 1 Januari, jumlah penumpang 8.214 orang. Dari data itu yang berangkat 4.513 orang dan yang datang 3.701 orang,” kata Senior Manager of Operation & Service Bandar Udara International Kualanamu Agoes Soepriyanto.


Disebutkan Acoen biasa dia disapa, pergerakan arus balik juga tampak terlihat pada Sabtu (2/1). Sejumlah kounter check-in tiket, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mulai ramai penumpang.


Hanya saja, kalau jumlah total penumpang belum bisa disebutkan, karena masih dalam proses penghitungan. AP II lanjutnya, juga akan menambah personel untuk dikerahkan di tempat yang dianggap rawan antrean.


Seperti, kounter check-in tiket, KKP dan Security Check Point (SCP). Acoen yang turun langsung memantau dan memberikan masukan ke sejumlah airlines itu tak menampik kalau puncak arus balik Nataru 2021 diprediksi, besok (Minggu red).


Tiket Penuh

Akibat permintaan tiket meningkat di arus balik  ini, sejumlah kounter penjualan tiket seperti Garuda, Wings Air, Batik Air, Lion dan Citilink penuh.


Biasanya penumpang sudah membeli tiket pesawat lebih awal dari keberangkatan. Sehingga, saat balik ke asalnya seperti ke Jakarta dan lainnya penumpang tak kesulitan membeli tiket pulang lagi. Prihal full book tiket juga dibenarkan Acoen. “Ya, betul full book tiket di KNIA,” cetusnya.


Sebelumnya, terkait Nataru ini, Acoen juga sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah station manager airlines yang ada di bandara. Tujuannya, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang di masa pandemi Covid-19 ini. 


Informasi lain diperoleh, semua distinasi penerbangan domestik KNIA saat ini, sudah normal kembali. Tak hanya itu tenant-tenantyang ada di dalam maupun luar terminal sudah mulai buka kembali.


Penerbangan pesawat pertama pukul 05:00 hingga terakhir di KNIA pukul 22:20. Antusias penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara juga meningkat.


Kendati, harus membawa sejumlah persyaratan dokumen seperti rapid test antigen negatif sebagai syarat mutlak (mandatory) naik pesawat. (BG/JP)


 


TRENDINGMore