EKONOMINEWSSUMUT

Faperika UNRI Sumut Bagikan 1.000 Masker dan Restocking Ikan di Danau Toba

Minggu, 07 Februari 2021, 16:03 WIB
Last Updated 2021-02-08T04:04:09Z
Ketua IKA Faperika UNRI wilayah Sumut, Mulyadi Simatupang (tengah) saat menyebarkan benih ikan di bawah air terjun Situmurun, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba, Minggu (7/2).






SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Ikatan Alumni Fakuktas Perikanan (IKA Faperika) Universitas Negeri Riau (UNRI) Wilayah Sumatera Utara, membagikan 1000 masker ke pelaku wisata dan penaburan benih ( restocking ) 50.000 ekor ikan di perairan Danau Toba, Minggu (7/2). 


Ketua IKA Faperika UNRI Wilayah Sumut, Mulyadi Simatupang, mengatakan,  melalui kegiatan HUT ke 12 ini IKA Faperika UNRI  ikut mendukung program Gubernur Sumut untuk menekan penularan Covid-19, serta menjaga ketahanan pangan. 


"Semoga melalui kunjungan para anggota IKA Faperika UNRI ke beberapa destinasi wisata di kawasan Danau Toba dapat meningkatkan ekonomi para pelaku wisata pada saat pandemi Covid-19," ujarnya. 


Dijelaskannya, penaburan benih ikan sebanyak 50.000 ikan ini terdiri dari 25.000 ikan nila, 15.000 ikan nilem dan 10.000 ikan tawes yang masih satu keluarga dengan mujahir di bawah air terjun Situmurun dengan menggunakan kapal dari Tomok, dengan harapan dapat membantu para nelayalan untuk meningkatkan ekonomi dan ketahanan pangan di sektor perikanan ke depan. 


"Sedangkan pembagian masker diberikan pada pelaku wisata dan masyarakat di beberapa tujuan pariwisata Danau Toba, yakni Kecamatan Girsang Sipangan Bolon dan di Pelabuhan Wisata Tomok, Kecamatan Simanindo dan Kabupaten Samosir dengan tujuan agar para wisatawan lebih disiplin lagi menegakkan Protokol Kesehatan Covid-19," kata Mulyadi yang juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut ini. 


Diungkapkan Mulyadi, selama ini IKA Faperika UNRI wilayah Sumut kerap melakukan aksi sosial seperti menggelar sunatan massal, penaburan bibit ikan di sungai, waduk dan danau. Kemudian juga perbaikan lingkungan dengan cara penanaman pohon mangrove di pesisir pantai serta bantuan kepada anggota alumni dan masyarakat khususnya pada masa pandemi Covid-19. 


Peringatan HUT ke 12 IKA Faperika UNRI wilayah Sumut yang diikuti 70 anggota, sebelumnya dilakukan beberapa kegiatan yaitu Webinar dengan tema IKA Faperika UNRI seluruh Indonesia siap mendukung program pemerintah dalam penanggulangan covid19. Dengan pemateri Wakil Dekan 1 Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI,  Dr. Rahman karmila M.Sc, Sekretaris Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr. Hendra Yusran Siry, S.Pi., M.Sc, Kadis Kesehatan Sumut, dr. Alwi Hasibuan dan Kalangan Profesional Alumni IKA Faperika UNRI, Dr Wijayanto s. Pi MSc. (BG/BR) 


 

TRENDINGMore