NEWSSUMUT

Ratusan WNI Dipulangkan Via Pelabuhan Teluknibung

Kamis, 11 Februari 2021, 17:04 WIB
Last Updated 2021-02-11T10:04:41Z

 

WNI yang dipulangkan dari Malaysia satu persatu turun dari kapal dan diperiksa secara protokol kesehatan Covid-19 di Pelabuhan Teluknibung Kota Tanjungbalai.

TANJUNGBALAI-BERITAGAMBAR : 

Sebanyak 221 Warga Negara Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 di Malaysia dipulangkan melalui Pelabuhan Teluknibung Kota Tanjungbalai, Kamis (11/2) dinihari. 


Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, Afrizal Tanjung menjelaskan, kapal bersandar sekira pukul 01.30. Jumlah penumpang sebanyak 221 orang tiba dengan selamat langsung dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. 


"Alhamdulillah semuanya sudah tiba dengan selamat," ucap Afrizal.


Danlanal Tanjungbalai Asahan Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory SE menjelaskan pihaknya mengawal perjalanan kapal berpenumpang TKI setelah masuk ke laut Indonesia. TNI AL menggunakan kapal cepat Sea Rider siap menjamin keamanan dan keselamatan awak kapal dan penumpangnya sampai ke tujuan Pelabuhan Teluknibung. 


"Meski perjalanan sempat terkendala karena kapal kandas, namun bisa diatasi dengan segera," ucap Danlanal. 


Sementara Bupati Batubara Ir Zahir MAP menyebutkan sebanyak 215 warganya dipulangkan dari Malaysia karena terdampak Pandemi Covid-19. Banyak yang terlantar di sana, makan terancam, tidak ada pekerjaan, dan adapula yang sakit. 


Biaya pemulangan 215 warganya itu ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Batubara, tidak dibebankan kepada TKI. Selain 215 warga Batubara, Zahir menyebut dalam kapal itu pula terdapat enam WNI beralamat di luar Kabupaten Batubara. 


"Enam orang ini titipan dari KBRI untuk dipulangkan melalui Pelabuhan Teluknibung," papar Zahir. 


Dari informasi yang diperoleh, enam orang tersebut dipulangkan karena berbagai alasan, yakni sakit, terkena PHK, dan saksi dalam kasus pidana. (BG/WS) 





TRENDINGMore