NEWSPARIWISATASAMOSIRUMUM

Tempat Wisata Unggulan di Samosir Yang Harus Dikunjungi

Sabtu, 13 Februari 2021, 07:26 WIB
Last Updated 2021-02-13T13:35:36Z

 

Objek wisata Air Terjun Efrata di Sosor Dolok, Samosir.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Siapa yang tidak tahu Pulau Samosir? Pulau vulkanik yang berada di tengah-tengah Danau Toba, Sumatera Utara ini memiliki daya tarik tersendiri bagi Toppers yang ingin menjelajahi keindahan wisata alam di kawasan Danau Toba ataupun mengenal lebih dekat kebudayaan Batak di Sumatera Utara.


Ini video objek wisata unggulan di Kecamatan Harian:



Punya rencana liburan ke Samosir? Yuk, intip dulu rekomendasi tempat wisata di Pulau Samosir paling favorit berikut:


1. Bukit Holbung

Bukit Holbung merupakan salah satu destinasi wisata di Samosir yang paling tepat untuk menikmati keindahan alam Danau Toba dari ketinggian. Dari bukit nan asri ini, Toppers bisa melihat aktivitas nelayan yang tengah mencari ikan di perairan Danau Toba ataupun eksotisme bentang alam di Samosir dan sekitarnya.


Ketika memasuki musim penghujan, obyek wisata Samosir ini akan dipenuhi rerumputan hijau yang menyegarkan sehingga tak jarang jika tempat wisata ini juga dijuluku “Bukit Teletubbies”-nya Pulau Samosir.


2. Desa Tomok

Untuk mengenal lebih dalam budaya Batak, selain Pusuk Buhit Toppers bisa juga mengunjungi Desa Tomok yang berada di jalur masuk dari Pulau Samosir. Di Desa Wisata ini, Toppers masih bisa mengunjungi rumah-rumah adat khas Batak yang dilengkapi dekorasi boneka sigale-gale.


Pada saat-saat tertentu, Toppers juga bisa menyaksikan pertunjukan dan juga upacara khas Batak di tempat wisata Samosir ini. Selain itu, di Desa Tomok, Toppers bisa menemukan berbagai obyek wisata menarik lainnya seperti Museum Batak dan juga kompleks pemakanan raja-raja Batak kuno.


3. Bukit Beta Tuktuk

Bukit Beta adalah obyek wisata di Pulau Samosir lainnya yang terletak di Tuk-Tuk Siadong. Tuk Tuk sendiri terkenal sebagai salah satu pusat dari pariwisata di Pulau Samosir karena pesona alamnya yang sangat memukau. Keindahan alam inilah yang bisa Toppers temukan dengan mengunjungi Bukit Beta.


Bukit kecil ini menjadi salah satu spot berburu foto favorit para penggemar fotografi, termasuk tempat pengambilan foto pre-wedding favorit, lho. Menawarkan pemandangan indah mulai dari bentang alam nan asri, persawahan warga, dan perbukitan lainnya, dijamin Toppers takkan menyesal mengunjungi destinasi tempat wisata di Samosir satu ini.


4. Desa Lumban Suhi Suhi


Salah satu kekhasan lainnya dari kebudayaan Batak adalah Kain Ulos. Kain tenun tradisional yang menjadi salah satu kebanggaan Batak ini telah memiliki popularitas yang mendunia.


Untuk Toppers yang ingin mengenal lebih dekat dengan Kain Ulos khas Batak, cobalah mampir ke Desa Lumban Suhi Suhi dimana masih banyak terdapat pengrajin Ulos tradisional. Dijajakan dengan berbagai rentang harga, obyek wisata di Samosir satu ini adalah tujuan tepat berburu oleh-oleh Kain Ulos saat berkunjung ke Pulau Samosir.



5. Aek Sipitu Dai


Berlokasi di Desa Aek Sipitu Dai, Toppers bisa mengunjungi sebuah mata air alami yang menghasilkan air dengan tujuh rasa berbeda. Asal muasal dari sumber mata air ini sendiri sangat erat dengan legenda masyarakat lokal.


Konon, dahulu Ompung Langgat Limbong yang merupakan generasi kedua dari marga Limbong tengah mencari sumber air. Setelah ia berdoa, ia menancapkan tongkatnya sebanyak tujuh kali ke tanah. Namun upayanya ini tidak berhasil. Setelah berdoa sekali lagi, ketujuh lubang yang ia buat dengan menancapkan tongkatnya itu mulai mengeluarkan air dan menjadi sumber air yang masih ada hingga saat ini.


6. Air Terjun Sampuran Efrata

Satu lagi destinasi wisata air terjun di Samosir yang tak boleh sampai terlewat adalah Air Terjun Sampuran Efrata. Destinasi tempat wisata di Samosir ini terkenal dengan pancuran airnya yang sangat menyegarkan. Kawasan sekitar obyek wisata ini juga terkenal sebagai tempat berkemah favorit. Jika Toppers ini melepas kepenatan, Air Terjun Sampuran Efrata bisa jadi salah satu tujuan wisata yang tepat.


7. Danau Sidihoni


Berada di tengah-tengah Danau Toba, siapa sangka di Pulau Samosir juga terdapat Danau lainnya. Dijuluki danau di dalam danau, Danau Sidihoni merupakan salah satu destnasi wisata yang menarik di Pulau Samosir. Fenomena danau di dalam danau ini sendiri tak ada banyak di dunia sehingga sangat sayang untuk dilewatkan saat Toppers berkunjung ke Samosir.


8. Menara Pandang Tele


Menara Pandang Tele adalah tujuan wisata Samosir selanjutnya yang berlokasi di Lumban Pinggol. Tempat wisata yang menawarkan pesona bentang alam Samosir dari ketinggian ini juga terkenal sebagai salah satu tempat berburu foto-foto pemandangan alam yang instagramable.


9. Patung Yesus 

Patung Yesus raksasa berukuran besar (56 M ), patung tertinggi di dunia menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, dimana lokasinya berada di Bukit Sibea-bea, Kecamatan Harian, semakin indah dengan panorama alamnya.


TRENDINGMore