NEWSSAMOSIR

Terkait Kebijakan Bansos, Komisi I DPRD Samosir Konsultasi ke DPRK Aceh Tenggara

Sabtu, 20 Februari 2021, 15:03 WIB
Last Updated 2021-02-22T08:15:01Z

 

Komisi I DPRD Samosir Kunker ke Aceh Tenggara.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

DPRD Samosir melalui Komisi I yang membidangi sosial, konsultasi ke DPR Kabupaten Aceh Tenggara terkait verifikasi dan validasi data penerima bansos tahun 2021.

Rombongan Komisi I yang dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Samosir, Saurtua Silalahi, diterima pimpinan DPR Kabupaten Aceh Tenggara, Jumat (19/2).


Ketua Komisi I, Saurtua Silalahi  menyampaikan bahwa konsultasi ini guna untuk mendapatkan masukan dan informasi serta penjelasan yang berkaitan tentang pendataan pembagian bantuan sosial.

“Kita juga ingin gali referensi sistem pengawasan dan pembagian dana bantuan langsung tunai (BLT), dana Program Keluarga Harapan (PKH) di masyarakat, khususnya dalam masa pandemi Covid-19,” ujar Politisi Gerindra itu kepada Perjuangan Baru, Sabtu, 20/2.

Menurut Ketua Komisi I, Saurtua Silalahi ST, selama pandemi, pihaknya telah melakukan monitoring ke seluruh kecamatan di Samosir terkait penanganan dan pengawasan pembagian bantuan Covid-19.

Dari pengamatan di lapangan lanjutnya, data-data pembagian bantuan sosial perlu dibenahi lagi. Karena masih ada beberapa saluran bantuan yang tidak tepat sasaran.

“Walaupun sebagian besar penyaluran bantuan sudah terlaksana, namun datanya kurang akurat karena masih memakai data yang lama sehingga tidak tepat sasaran, contohnya saja orang yang sudah meninggal malah mendapatkan bantuan,” katanya.

Sehingga dalam studi banding ini, pihaknya ingin mengetahui sejauh mana Pemkab Aceh Tenggara dalam membagikan BLT dan PKH kepada masyarakat, yang nantinya bisa menjadi referensi dalam penyusunan program bantuan sosial di Samosir.(BG/TS)


TRENDINGMore