HUKUMNASIONALNEWSPERISTIWA

Februari-Maret: Densus 88 Tangkap 49 Teroris, 18 Dari Sumut

Kamis, 25 Maret 2021, 06:59 WIB
Last Updated 2021-03-25T02:13:51Z
Densus 88 Antiteror Mabes Polri.

JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap 49 terduga teroris dalam operasi penindakan selama dua bulan, Februari hingga Maret 2021. Mereka yang ditangkap seluruhnya kelompok Jamaah Islamiyah (JI).


"Densus menangkap 22 terduga teroris di Jawa Timur (Jatim). Kemudian dikembangkan lagi di Jakarta, Sumatra Barat dan Sumatra Utara dan Jakarta," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/3/2021).


Penangkapan selanjutnya dilakukan di Jakarta dengan menciduk dua orang terduga teroris. Kemudian, penindakan juga dilakukan di Sumbar dengan enam orang terduga teroris ditangkap.


Selanjutnya, operasi penindakan terbaru di Sumut, Densus 88 kembali menangkap empat orang terduga teroris. Totalnya ada 18 orang yang ditangkap di Sumut.

"Dan informasi terakhir untuk Sumut sampai hari ini diamankan lagi empar terduga terorisme, jadi seluruhnya di Sumut berjumlah 18," ucap Rusdi.


Dan yang terakhir penangkapan terduga teroris di Tangerang berinisial AM (54). Dia diketahui merupakan anggota JI.


"AM ini bertugas sebagai pencari dana atau dikenal di JI sebagai Istishod, yang bertugas melakukan pelatihan kewirausahaan kepada seluruh anggota JI," ujar Rusdi. 


Rusdi memastikan dari seluruh penangkapan tersebut, terduga teroris itu merupakan anggota yang terafiliasi dengan Jamaah Islamiyah. 


"Ya semua itu jaringan Jamaah Islamiyah," tuturnya.(BG/NT)



TRENDINGMore