NEWSSAMOSIR

Pemkab Samosir Gelar Musrenbang RKPD TA 2022

Kamis, 25 Maret 2021, 12:02 WIB
Last Updated 2021-03-25T05:02:18Z

 

Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala, Kepala Bappeda Kabupaten Samosir dan Ketua DPRD Samosir Saut M Tamba membuka Musrenbang RKPD TA 2022 Kabupaten Samosir.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kabupaten Samosir melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran (TA) 2022, di Hotel JTS, Parbaba, Pangururan.


Musrenbang dengan tema peningkatan kualitas SDM dan percepatan pemulihan perekonomian masyarakat, Kamis-Jumat akan digelar selama dua hari, Kamis-Jumat (25-26/3).


Kepala Bappeda Samosir Rudi AP Siahaan, menyampaikan dalam laporannya, kegiatan ini sengaja dirancang menghadirkan semua pihak yang berkegiatan di Samosir sebanyak 150 orang.


"Jika kita melakukan kolaborasi dan inovasi secara upaya adaptif. Jika tiga hal ini dilakukan secara bersama, akan membawa perubahan yang cepat,"katanya.


Lanjutnya, Samosir menyusun dokumen perencanaan beserta penganggaran dengan harapan pasca pandemi terjadi loncatan perubahan cepat.


"Kita berharap tahun 2022 terjadi percepatan. Namun, itu tidak bisa terjadi tanpa kontribusi dan sinergi kita bersama,"tambahnya.


Rangkaian kegiatan ini dilakukan sejak Februari mulai dari Musrenbang kelurahan, Musrenbang kecamatan, penjaringan Fokir anggota DPRD, forum OPD.



"Inilah semua yang diramu menjadi dokumen rencana kerja pembangunan daerah,"katanya lagi.


Musrenbang dibuka langsung oleh Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala, dihadiri Bupati Samosir terpilih Vandiko Timotius Gultom-Martua Sitanggang, pimpinan OPD, LSM dan Pers.


Dikatakannya, penyelanggaraan Musrenbang merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rengka mengkoordinir kepentingan masyarakat sekaligus wadah partisipatif untuk menghasilkan rencana program dan pembangunan yang lebih aspiratif dan bisa dipertanggungjawabkan.


"Dan kita tetap konsisten untuk meningkatkan pelayanan di semua sektor dalam rangka mewujudkan masyarakat madani yang sejahtera, unggul, berdaya saing, religius berbasis sember daya lokal berkelanjutan sesuai visi misi Kabupaten Samosir, katanya.

Ketua DPRD Samosir Saut Tamba, mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang RKPD TA 2022.

"Semoga apa yang dibahas dan ditetapkan menjadi rencana kerja pembangunan tahun 2022 dapat diselaraskan dengan RPJMD Kabupaten Samosir,"ujar Saut.

Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala, meminta seluruh stakeholder ikut serta mensukseskan pelaksanaan pembangunan Kabupaten Samosir.

Dikatakan Jabiat, April 2021 rencana pembangunan yang dialokasikan pada APBD sudah dilaksanakan supaya manfaat nya dapat segera dirasakan oleh masyarakat,"ujar Jabiat. (BG/TS)






TRENDINGMore