NASIONALNEWSSUMUTUMUM

Kapolri Lantik Irjen Panca Putra Simanjuntak Jabat Kapolda Sumut

Kamis, 04 Maret 2021, 16:06 WIB
Last Updated 2021-03-04T16:10:16Z

 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo secara resmi melantik Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak bersama pejabat Kepolisian lainnya.

JAKARTA-BERITAGAMBAR ;

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo secara resmi melantik Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/3/2021). Selain jabatan Kapolda Sumut, Kapolri juga melakukan upacara serah terima jabatan dan kenaikan pangkat sejumlah perwira tinggi (pati) di lingkungan Mabes Polri dan beberapa Kapolda lainnya.


Listyo menyampaikan beberapa pesan kepada pejabat baru yang dilantik, terutama masalah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Dia mengatakan, para pejabat baru yang dilantik terutama Kapolda yang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).


"Pejabat baru agar melaksanakan PPKM mikro bagi yang masuk dalam 7 Polda, sedangkan yang lain melaksanakan kegiatan imbangan," kata Listyo.


Listyo mengingatkan munculnya varian Covid-19 baru yang sangat cepat penyebarannya. Untuk itu, dia meminta jajarannya untuk mengantisipasi. Karenanya, dia juga meminta jajarannya untuk cepat melakukan testing, tracing dan treatment (3T) dan memastikan anggotanya melaksanakannya dengan baik.


"Berikan reward bagi anggota yang telah melakukan zona merah menjadi zona hijau," katanya.


Mantan Kabarareskrim Polri ini juga meminta agar jajarannya selalu mengawal program vaksinasi nasional yang saat ini sedang berlangsung. Selain program penanganan Covid-19, dia juga memerintahkan jajarannya membantu pemerintah mengawal program pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi.


"Laksanakan, pengawasan dan pendampingan program dari pemerintah seperti UMKM. Proyek padat karya oleh pemerintah pusat maupun daerah berikan pendampingan agar dikawal," katanya.


Anggota Polri, lanjut Sigit, diminta mendengar keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan memberikan solusi agar mempercepat pemulihan ekonomi nasional. "Semoga perkembangan ekonomi bisa kembali normal maka perlu pendampingan dengan baik," katanya.


Terakhir, dia mengingatkan jajarannya soal penanganan perkara dengan mengedepankan restorativ justice, agar rasa keadilan dirasakan dan diawasi pelaksanaan agar tidak terjadi penyelewengan. "Lalu tentang mafia tanah seperti pengembangan perkebunan dan lain-lain mohon jadi perhatian," tandasnya.


Terpisah, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan yang dikonfirmasi prihal pelantikan dan serah jabatan Kapolda Sumut tersebut juga membenarkannya. Namun dia belum menjelaskan, kapan Irjen Pol Putra Panca mulai bertugas di Sumut. "Iya benar, sudah dilantik," sebutnya.


Seperti diketahui, berikut daftar perwira tinggi Mabes Polri dan Kapolda yang melakukan serah terima jabatan dan mendapatkan kenaikan pangkat:


Pejabat yang serah Terima jabatan:

1.Kapolda Sulut lama/Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak.


2. Koorsahli Kapolri lama/Kapolda Sulut baru, Irjen Pol Nana Sujana

3. Koorsahli Kapolri baru/Kapolda Sumut lama, Irjen Pol Martuani Sormin

4. Kapolda Lampung lama, Irjen Pol Purwadi Arianto

5. Kapolda Lampung Baru, Irjen Pol Hendro Sugiatno

6. Kapolda Papua lama, Irjen Pol Paulus Waterpauw

7. Kapolda Papua baru, Brigjen Pol Mathius D Fakhiri


Pejabat Yang Naik Pangkat:

1. Komjen Pol Paulus Waterpauw

2. Irjen Pol Mathius D Fakhiri

3. Irjen Pol Syahardiantono

4. Irjen Pol Suryanbodo Asmoro

5. Irjen Pol Moh Abdul Kadir

6. Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto

7. Brigjen Pol Pipit Rismanto

8. Brigjen Pol M Mustaqim

9. Brigjen Pol Hariyanto

10. Brigjen Pol Ahmad Alwi

11. Brigjen Pol Rudi Hartono

12. Brigjen Pol Samudi



Irjen Pol Putra Panca Simanjuntak


Irjen Panca Putra Simanjuntak sebelumnya ditugaskan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Juni 2019. Di lembaga anti rasuah itu, Panca Simanjuntak yang masih berpangkat brigjen menjabat posisi strategis. Bahkan dua jabatan di KPK dipercayakan kepada Brigjen Panca Putra Simanjuntak. Yakni sebagai Direktur Penyidikan KPK dan Plt Deputi Penindakan KPK yang diembannya hingga April 2020.


Mantan Dirreskrimum Polda Kalteng ini juga adalah sosok yang berhasil menangkap buron KPK dalam kasus penyuapan panitera Pengadilan Negeri Jakpus Eddy Sundoro yang telah melarikan diri selama 2 tahun lebih. Panca juga banyak melakukan giat OTT KPK pada tahun 2019 sebanyak 21 kasus.


Pada Mei 2020, Panca Putra Simanjuntak ditarik dari KPK sesuai surat telegram Kapolri bernomor ST/1383/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020. Surat telegram itu ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Idham Azis. Dia kemudian dipromosikan dengan pangkat irjen menjadi Kapolda Sulut menggantikan Irjen Royke Lumowa.


Nama:

Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi

Lahir

Medan, Sumatra Utara, Januari 1969

Pendidikan

Akpol 1990

Riwayat Jabatan:

Kapolres Banyumas

Kapolres Tegal (2010)

Wadirreskrimsus Polda Jateng (2011)

Dirreskrimsus Polda Kalteng (2012)

Dosen Utama STIK Lemdikpol (2013)

Wadirtipidum Bareskrim Polri (2017)

Direktur Penyidikan KPK (2018)

Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2020)

Kapolda Sulawesi Utara (2020)

Kapolda Sumatra Utara (2021). (dtc)


TRENDINGMore