NEWSSAMOSIR

Keturunan Sagala Raja Bangun Tugu Pemersatu Suku Batak

Kamis, 04 Maret 2021, 14:39 WIB
Last Updated 2021-03-04T07:46:21Z
Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala didampingi Calon Bupati Samosir Vandiko T Gultom dan Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tugu Sagala Raja.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Keturunan marga Sagala se-dunia melakukan acara peletakan batu pertama pembangunan Tugu/Monumen Sagala Raja, Kamis (4/3) di Gindolok, Sagala, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.


Acara ini yang diawali dengan kebaktian  dipimpin oleh Pdt. Perwin Manullang S.Th yang bertema Kerukunan Yang Sejati.


"Dengan peletakan batu pertama monumen ini, sagala raja dan boru semakin hidup rukun".


Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala, mendukung pembangunan Tugu/Monumen yang sudah lama dicita-citakan keturunan Marga Sagala diseluruh dunia.

Marga Sagala salah satu marga tertua di suku Batak Toba khususnya dari Sianjur Mulamula yang diyakini asal muasal orang Batak, harus kita dukung dan semoga menjadi destinasi wisata Sejarah dan budaya," ujar Jabiat.


Salah satu Raja Bius Marga Sagala, Halomoan Sagala mengatakan dengan berdirinya Tugu ini, menunjukkan persatuan dan kesatuan marga Sagala dimanapun berada serta ingat kampung halaman.


"Setelah peletakan pertama ini, keturunan Sagala Raja makin kompak dan ingat pulang kampung,"ujar Halomoan


Dirinya juga berharap Tugu yang akan dibangun ini juga menjadi ikon pariwisata di samosir dan sianjur mulamula secara khusus.


"Letak yang strategis ini, bisa menjadi ikon wisata," tambahnya.


Sementara itu, Plt Sekretaris Punguan Sagala Raja se-Indonesia Reinhard Sagala mengatakan dengan dibangunnya Tugu ini bisa menjadi daya tarik untuk kawula muda mengingat kampung halamannya.


"Kalau Tugu ini sudah jadi, menjadi daya tarik terasendiri bagi para keturunan marga sagala yang diperantauan untuk pulang kampung," harap Reinhard.


Ditempat sama Anggota DPRD Samosir Jonni Sagala menambahkan bahwa acara ini merupakan hal yang sudah lama kita gagasi, baik perantau maupun yang tinggal di Bonapasogit (kampung halaman), mudah mudahan dengan ada monumen ini bisa jadi alat pemersatu dan anak rantau dapat kembali mengingat kampung halaman,"ujar Jonni.


Acara ini dihadiri Sekdakab Samosir yang juga Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga dan Vandiko T Gultom. (BG/HK)

TRENDINGMore