NEWSSAMOSIR

Pemkab Samosir Rapat Bersama Penataan KJA di Danau Toba

Rabu, 24 Maret 2021, 20:49 WIB
Last Updated 2021-03-25T07:53:30Z


Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala didampingi Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon melakukan rapat koordinasi penataan KJA di perairan Danau Toba.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Pemkab Samosir melakukan rapat penataan Keramba Jaring Apung (KJA) di Kawasan Perairan Danau Toba dilaksanakan di Aula Mini Kantor Bupati Samosir, Rabu (25/3).


Ikut hadir dalam rapat tersebut Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, pihak Kejari Samosir, Dandim 0210/TU yang diwakili Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan, Asisten Pemerintahan, Asisten Perekonomian, Asisten Administrasi, Dinas Pertanian dan Perikanan, para camat, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan dan peserta rapat lainnya.


Plh Bupati Samosir Jabiat Sagala, mengatakan, rapat tersebut membahas tindak lanjut Tim Terpadu dalam melaksanakan penataan Keramba Jaring Apung (KJA) di kawasan Danau Toba sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Danau Toba dan Sekitarnya.


Sementara Danramil 03/Pangururan Kapten Donal Panjaitan, berharap jangan sampai ada nanti gesekan di masyarakat dalam hal penataan KJA. Tim terpadu perlu melakukan sosialisasi kepada pemilik keramba. Dan perlu disampaikan bahwa TNI selalu siap mendukung setiap program pemerintah," pungkas Donald Panjaitan.


Informasi yang dihimpun, Tim Fasilitasi Penataan KJA perairan Danau Toba di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir telah dibentuk melalui Keputusan Bupati Samosir Nomor 208 Tahun 2018 yang ditetapkan pada tanggal 29 September 2018.


 

Keputusan tersebut terbentuk didasari pertimbangan dari Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Danau Toba, sehingga perlu dilakukan penataan.


Dalam keputusan tersebut tim mempunyai tugas Melakukan sosialisasi tentang penataan KJA di perairan Danau Toba Kabupaten Samosir, melakukan penataan KJA di perairan Danau Toba Kabupaten Samosir dan melakukan penertiban KJA berdasarkan hasil sosialisasi dan penataan di perairan Danau Toba Kabupaten Samosir.(BG/TS)


TRENDINGMore