NEWSPERISTIWAPOLITIKSUMUT

Besok, Gubsu Akan Lantik 7 Pasangan Kepala Daerah

Minggu, 25 April 2021, 11:15 WIB
Last Updated 2021-04-25T04:18:22Z
Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi.


MEDAN-BERITAGAMBAR :
Tujuh pasangan kepala daerah di Sumatera Utara hasil Pilkada serentak tahun 2020, akan diambil sumpahnya dan dilantik oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Senin (26/4) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Adapun pelantikan 7 kepala daerah Gelombang II itu, yakni untuk Samosir, Simalungun, Karo, Gunungsitoli, Nias Selatan, Nias Barat, dan Nias Utara.


Bersamaan dengan itu, juga dilantik Wakil Wali Kota Binjai, Amir Hamzah menjadi Wali kota defenitif. Amir Hamzah menjadi Wali kota karena Wali kota terpilih, Juliadi, meninggal dunia sebelum dilantik

Pelantikan yang berlangsung secara offline (tatap muka) dengan peserta terbatas itu.


"Senin ini ada 8 kepala daerah dilantik oleh gubernur atas nama Mendagri pukul 10 pagi," ujar Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga, di Medan, Sabtu (24/4).


Adapun pelantikan itu, kata Rasyid, juga direncanakan disiarkan lewat channel youtube "info sumut". Sehingga para tokoh lainnya yang tidak diundang maupun masyarakat, bisa menyaksikan jalannya prosesi pelantikan.


"Undangan memang terbatas, hanya Forkopimda, karena kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Rasyid, seraya mengatakan 8 pasangan kepala daerah akan menjalani gladi resik pada hari Minggu (25/4) siang.


Dan berikut 8 pasangan kepala daerah yang akan dilantik:

1. Samosir
Bupati Vandiko Timotius Gultom dan Wakil Bupati Martua Sitanggang.


2. Simalungun
Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi.


3. Karo
Bupati Cory Sriwaty Sebayang dan Wakil Bupati Theopilus Ginting.


4. Gunungsitoli
Wali Kota Lakhomizaro Zebua dan Wakil Wali Kota Sowa'a Laoli.


5. Nias Selatan
Bupati Hilarius Duha dan Wakil Bupati Firman Giawa

6. Nias Barat.
Bupati Khenoki Waruwu dan Wakil Bupati Era-era Hia

7. Nias Utara
Bupati Amizaro Waruwu dan Wakil Bupati usman Zega.


8. Binjai
Wali Kota Amir Hamzah.


Sebelumnya Gubernur Edy Rahmayadi telah melantik 11 kepala daerah pada Gelombang I, Jumat (26/02/2021), yakni bupati/wali kota Medan, Binjai, Sibolga, Tanjungbalai, Asahan, Tapanuli Selatan, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Utara, Humbang Hasundutan, Toba, dan Pakpak Bharat.

TRENDINGMore