ASLABNEWSPOLITIKSAMOSIR

Paslon Bupati Samosir Terpilih, "Vantas" Dilantik 26 April

Senin, 05 April 2021, 09:11 WIB
Last Updated 2021-04-16T08:52:51Z
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Samosir Terpilih Vandiko Timotius Gultom-Martua Sitanggang (Vantas), direncanakan akan dilantik 26 April 2021 mendatang.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Samosir bersama 6 kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020, akan dilantik pada gelombang II oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, pada Senin, 26 April 2021 mendatang.


Meskipun surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga saat ini belum turun, namun Pemprov Sumut optimis dapat melantik 7 pasangan calon kepala daerah.


"Ya, direncanakan 5 sampai 7 daerah. Yakni Kabupaten Simalungun, Karo, Nias Barat, Nias Utara, Gunungsitoli, Nias Selatan, dan Samosir pada 26 April 2021," kata Kepala Bagian Otonomi Daerah pada Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprovsu, Ahmad Rasyid Ritonga, kepada wartawan di Medan, Senin (5/4).


Rasyid mengatakan, 5 kabupaten/kota sebelumnya telah diusulkan ke Kemendagri untuk mendapatka SK pengangkatan kepala daerah, yakni Simalungun, Karo, Nias Barat, Nias Utara, dan Gunungsitoli.


Saat ini, Pemprovsu melalui Biro Pemerintahan dan Otda, tengah mengupayakan usulan tambahan 2 daerah, yakni Nias Selatan dan Samosir, agar pelantikan kepala daerah pada gelombang II nanti menjadi 7 pasangan calon.


"Direncanakan Samosir dan Nisel jika berkasnya rampung. Memang SK belum ada ditandatangani Mendagri. 5 daerah sudah kita usulkan sebelumnya. 2 daerah lagi sedang proses sampai saat ini. Mengingat masih ada lagi kekurangan berkas dari Samosir dan Nisel. Nanti kita lihat lagi dan jika sudah lengkap akan dikirimkan secara online ke Kemendagri," terangnya.


Sementara soal teknis pelantikan, Rasyid mengatakan sejauh ini masih terdapat 2 opsi, yakni secara virtual atau tatap muka. Pemprovsu dalam hal ini juga masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Kemendagri.


Begitupun permintaan dari seluruh Pemda di Kepulauan Nias, telah diterima Pemprov Sumut, yakni agar pelantikan berlangsung secara langsung atau tatap muka (offline).


"Begitupun akan kita lihat pula situasinya dan dikomunikasikan ke Kemendagri. Sebab kalau Nias kita laksanakan secara daring, kemungkinan akan sulit sekali lantaran jaringan internet," pungkas Rasyid.


Dan berikut 7 pasangan kepala daerah yang akan dilantik:

1. Simalungun


- Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi.


2. Karo


- Cory Sriwaty Sebayang dan Theopilus Ginting


3. Nias Barat.


- Khenoki Waruwu dan Era-era Hia


4. Nias Utara


- Amizaro Waruwu dan Yusman Zega


5. Gunungsitoli


- Lakhomizaro Zebua dan Sowa'a Laoli.


6. Nias Selatan


- Hilarius Duha dan Firman Giawa


7. Samosir


Vandiko Timotius Gultom dan Martua Sitanggang.


Sebelumnya Gubernur Edy Rahmayadi telah melantik 11 kepala daerah pada gelombang I, Jumat (26/02/2021), yakni bupati/wali kota Medan, Binjai, Sibolga, Tanjungbalai, Asahan, Tapanuli Selatan, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Utara, Humbang Hasundutan, Toba, dan Pakpak Bharat.(BG/TS)



TRENDINGMore