NEWSPERISTIWASUMUT

Jalinsum Parapat-P Siantar Longsor

Kamis, 13 Mei 2021, 19:20 WIB
Last Updated 2021-05-13T13:14:44Z

 

Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendrik F Aritonang, SIK

PARAPAT-BERITAGAMBAR :

Telah terjadi longsor di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Parapat-Pematang Siantar persisnya di Nagori Soalan, Kec. Girsang Sipangan Bolon Parapat, Kamis (13/5) sekira pukul 17.00 Wib.


Hal itu disampaikan Kasat Lantas Polres Simalungun, AKP Hendrik F Aritonang, Kamis (13/5).



Untuk kendaraan dari arah Siantar ke Parapat dialihkan lewat simpang palang keluar Simpang Sitahoan. Dari arah Parapat menuju Siantar dibuat sistem buka tutup dikarenakan sambil pembersihan material longsor. 


Polres Simalungun bekerja sama dengan pihak terkait agar material longsor segera dapat di evakuasi dan kami menghimbau masyarakat pengguna jalan agar berhati hati, bersabar, tertib dan berlalu lintas.

Situasi Kota Parapat


Sementara itu, di pusat Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun diterjang banjir, Kamis (13/5).


Menurut keterangan warga yang dihubungi Alex Sinaga, banjir tersebut mulai terjadi sejak Pukul 15.40 WIB setelah hujan deras.


"Tadi setelah hujan, langsung terjadi banjir besar,"ujarnya.


Kejadian itu sempat membuat warga di Lingkungan Anggarajim panik dan berhamburan keluar rumah. Mereka khawatir, air bercampur lumpur yang meluap dari sungai diantara tebing bukit Bangun Dolok tersebut volumenya semakin besar.



Dikatakan banjir bercampur lumpur itu tidak sempat menimbulkan korban jiwa dan kerugian hang berarti. Hanya ada satu rumah papan diseputar jalan SM Raja, persis dekat SPBU Parapat, sempat tergerus air banjir yang datangnya begitu tiba-tiba.



Selain di Lingkungan Kelurahan Parapat, kawasan bukit Sualan Nagori Sibaganding juga mengalami longsor dan banjir, sehingga beberapa warga di sekitar itu terpaksa mengungsi ke rumah warga lainnya.



Bahkan akibat luapan air bercampur lumpur disertai material batu koral dari atas bukit Sualan menutupi badan jalan Lintas Sumatera menuju kota wisata Parapat maupun sebaliknya.



Camat Girsang Sipanganbolon bersama Kapolsek Parapat, Danramil, Lurah, Kepling dibantu warga setempat langsung turun tangan berupaya membantu dan mengatasi kejadian tersebut. (BG/HD)


TRENDINGMore