NEWSPERISTIWASAMOSIR

Mantan Bupati Samosir Ketua DPP KoMPaS

Senin, 31 Mei 2021, 23:13 WIB
Last Updated 2021-06-01T14:21:09Z

 

Tampak Ketua DPP KoMPaS, Rapidin Simbolon, Sekjen BMS Situmorang dan Pengurus KoMPaS lainnya, bergambar bersama usai pelantikan. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Mantan Bupati dan Wakil Bupati Samosir Rapidin Simbolon-Juang Sinaga bersama puluhan warga dan perantau asal Kabupaten Samosir, mendeklarasikan organisasi Komunitas Masyarakat dan Perantau Samosir (KoMPaS), di Jakarta, Senin (31/5). 


Sekretaris Jenderal (Sekjen) KoMPaS, BMS Situmorang menyampaikan, organisasi KoMPaS ini lahir pada 20 Mei 2021, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).


KoMPaS didirikan untuk mengadvokasi kepentingan kepentingan masyarakat yang terabaikan atau termarginalkan," ujar Pengacara Paslon Bupati Samosir itu di MK.


"Organisasi tersebut siap untuk menjadi mitra pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan di segala bidang, dan ikut serta mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance), transparan, akuntabel dan berintegritas," bebernya.


"Kami optimis KoMPaS akan menjadi sebuah alternatif wadah atau ruang bagi masyarakat dan perantau Kabupaten Samosir di seluruh Indonesia untuk mengekspresikan semangat keikutsertaannya bersama elemen masyarakat Indonesia lainnya dalam menjaga dan mempertahankan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.


Serta memelihara bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa serta kebanggaan terhadap tanah air, termasuk semangat gotong-royong dalam mengatasi permasalahan bangsa Indonesia dalam berbagai bidang secara khusus di Samosir," jelas BMS.


Secara khusus untuk Kabupaten Samosir, BMS juga menegaskan KoMPaS akan mendorong potensi dan partisipasi masyarakat agar aktif dalam pembangunan ekonomi, sosial, budaya dan politik lalu menjaga, mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal (local wisdom) sebagai harta warisan (heritage) dan kebanggaan bangsa turun-temurun hingga melakukan pembinaan dan kaderisasi generasi muda dalam mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan.


Untuk mengkoordinir dan memimpin KoMPaS secara nasional maka telah dibentuk Susunan Struktur dan Personalia Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk masa bakti 5 (lima) tahun, dan selanjutnya akan dibentuk DPW di beberapa Provinsi, DPD di tingkat Kabupaten/Kota, dan DPC di tingkat Kecamatan.  


DPP KoMPas Periode 2021 – 2026 dipimpin  Rapidin Simbolon, sebagai Ketua Umum,  Juang Sinaga sebagai Wakil Ketua Umum, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) BMS Situmorang.  


DPP KoMPas didampingi dan diawasi oleh Dewan Pembina dan Dewan Penasehat. Dewan Pembina dijabat oleh Brigjen (Purn.) Anthon Simbolon, Jonni Naibaho, Djuang Sitanggang, dan Marlon Simbolon. Sementara Dewan Penasihat dijabat oleh Anser Naibaho, Parlindungan Sitanggang, dan Cornel Sitanggang.(BG/REL)




TRENDINGMore