NEWSPERISTIWASUMUT

Puluhan Wartawan Toba Aksi Damai di Mapolres Toba

Jumat, 28 Mei 2021, 12:14 WIB
Last Updated 2021-05-28T05:21:23Z

 

Puluhan Wartawan yang bertugas di Polres Toba melakukan aksi damai bertajuk Copot Kapolres Toba di Mapolres Toba, Jumat (28/5).

TOBA-BERITAGAMBAR : 

Puluhan Wartawan yang bertugas di Polres Toba melakukan aksi damai membawa poster bertuliskan berbagai aspirasi di Mapolres Toba, Jumat (28/5) sekira pukul 10.30 Wib. 


Aksi ini dilakukan sebagai buntut kekecewaan wartawan terhadap pihak Polres Toba yang tidak berkenan memberikan konfirmasi terkait penangkapan dua pelaku pembunuhan Guru SD Lisbet Butarbutar. 


Salah satu tuntutan Wartawan, meminta Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit  untuk mencopot Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya, SIK. 


Hotman Siagian, Wartawan Metro 24.com mengatakan, aksi hari ini merupakan puncak kekecawaan para rekan media yang selama ini selalu kesulitan mendapatkan informasi dari Polres Toba. 


"Sejak pak Akala Fikta Jaya menjabat sebagai Kapolres Toba, kondisi kemitraan dengan media semakin buruk. Kapolres juga terkesan alergi kepada Wartawan sehingga berdampak kepada kesulitan kita meminta data ataupun keterangan yang dibutuhkan dalam pemberitaan," ujar Hotman. 


Wartawan lainnya,  Prengky Silitonga mengatakan, pihaknya akan menyurati Kapolri dan Kapolda Sumut untuk mencopot Kapolres Toba, Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba. 


"Secepatnya kita akan mengirimkan surat secara tertulis kepada Kapolri sebagai bukti keseriusan kita menyuarakan aspirasi rekan-rekan Wartawan yang bertugas di Polres. Jika tidak direspon, kita akan melakukan aksi lanjutan," pungkas Prengky. 


Selain meminta Kapolres Toba diganti, dalam spanduk yang dibawa Wartawan terdapat tulisan Copot Kasat Reskrim, AKP Nelson Sipahutar dan Kasat Narkoba AKP Firman Peranginangin. Wartawan juga meminta Kapolres Toba dan jajarannya menghargai keterbukaan publik dan Undang Undang Pers No.40 tahun 1999. 


Sebelumnya, puluhan Wartawan melakukan aksi di halaman Polres Toba. Orasi dilakukan secara bergantian dengan muatan utamanya bertajuk 'Copot Kapolres Toba'. 


Wakapolres Toba, Kompol Janner Panjaitan mendatangi Wartawan dan meminta agar bersedia berdialog di Aula Polres Toba pada pukul 11.00 Wib. Dengan kooperatif Wartawan menunggu di Aula, sayangnya, hingga pukul 11.30 Wib, pihak Polres tidak kunjung datang. 


Puluhan Wartawan merasa kecewa dan langsung meninggalkan Aula dan bergerak keluar Polres Toba dengan tetap meneriakkan ganti Kapolres Toba. (BG/TT) 



TRENDINGMore