EKONOMINEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

Bupati Samosir Hadiri HUT Koperasi Makmur Mandiri

Selasa, 22 Juni 2021, 13:32 WIB
Last Updated 2021-07-07T11:25:01Z

 

Ketua KMM Tumbur Naibaho, bersama Bupati Samosir Vandiko T Gultom, bergambar bersama usai melakukan penandatanganan prasasti peresmian kantor Cabang KMM Ambarita dan Sitio-tio.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bertepatan dengan momentum perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-12, Koperasi Makmur Mandiri (KMM) meresmikan 2 kantor cabang baru di Propinsi Sumatera Utara. Sehingga total cabang KMM saat ini sebanyak 160 cabang yang tersebar di 21 propinsi seluruh Indonesia.


Pembukaan cabang baru ini juga terasa istimewa, karena dua cabang yang baru yakni cabang Sitiotio dan Ambarita, menggenapi target KMM mendirikan 12 kantor cabang di Kabupaten Samosir yang tersebar di 9 kecamatan.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom, didampingi Ketua KMM Tumbur Naibaho, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, Ketua DPRD Samosir Saut Tamba bergambar bersama pada saat acara syukuran 12 Tahun Koperasi Makmur Mandiri. 


Hal ini disampaikan Ketua KMM,  Tumbur Naibaho, menyampaikan acara syukuran 12 tahun usia KMM dirangkai dengan syukuran 1 tahun SPBU Pangururan menjadi bagian anak perusahaan KMM, Selasa (22/6) di Lapangan SPBU Pangururan, Kabupaten Samosir.


"Di usia ke-12 tahun ini, jumlah anggota KMM mencapai 73.603 orang dengan kekayaan sebesar Rp 848 miliar serta karyawan 1350 orang,"jelas Naibaho.


Saat ini, KMM yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat tersebut telah memiliki 160 kantor cabang yang tersebar di 21 propinsi serta dua SPBU yakni di Pangururan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.


"Puji syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada seluruh pengurus dan karyawan serta anggota atas kepercayaannya selama ini dalam membesarkan KSP Makmur Mandiri," Putra 12 bersaudara kelahiran Tanjung Bunga ini.


Tumbur menambahkan, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, koperasi yang berkantor pusat di Bekasi ini juga mendapat kepercayaan dari Kementerian Koperasi & UKM RI melalui Lembaga Pinjaman Dana Bergulir (LPDP) untuk penyaluran pinjaman modal usaha sebesar Rp 150 miliar.


"Kami mohon maaf dan koreksi jika ada pelayanan yang kurang berkenan baik oleh KSP Makmur Mandiri maupun SPBU Makmur Mandiri," tuturnya.


Pada kesempatan itu, Ketua KMM Tumbur Naibaho, menyerahkan penghargaan dan terima kasih kepada 21 manajer KMM yang terbaik, dimana kantor cabang yang dipimpinnya mampu menghasilkan laba SHU diatas Rp 500 juta per tahun.


Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST menyampaikan ucapan selamat ulang tahun KMM ke-12. Dirinya mengapresiasi KSP Makmur Mandiri yang selama ini turut serta dalam pembangunan perekonomian masyarakat serta dalam pemulihan ekonomi ditengah Pandemi Covid-19.


Ditambahkan Kadis Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Utara melalui Kabid Kelembagaan, Unggul Sitanggang bahwa Sumatera Utara bangga atas kehadiran KMM di wilayahnya. Pasalnya, KMM turut membantu mempekerjakan masyarakat dan peningkatan ekonomi anggotanya.


Terakhir, Dirut LPDB-KUMKM Supomo dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada KMM atas bertambah usianya dan mengharapkan semakin bertumbuh bersama masyarakat.


Menurutnya, Koperasi Makmur Mandiri merupakan salah satu dari 100 koperasi besar skala nasional. Kiprah KMM sangat mewarnai dunia perkoperasian di Indonesia. KMM sudah mempunyai cabang di 21 provinsi di Indonesia dan berkelas nasional," kata Supomo.


Mengakhiri sambutannya, Dirut LPDB-KUMKM itu mengutip kata-kata bijak Bapak Koperasi Indonesia, Bunga Hatta, 'Dasar kekeluargaan itulah dasar hubungan istimewa pada koperasi. Di sini tidak ada majikan dan buruh, melainkan usaha bersama di antara mereka yang sama kepentingan dan tujuannya.'


"Koperasi menjadi sokoguru perekonomian di Indonesia dalam masa pandemi Covid-19, semangat kekeluargaan yang dimiliki koperasi menjadi kekuatan besar untuk menggerakkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.


Pada acara HUT KMM ke-12 ini, dilakukan juga penandatanganan prasasti kantor cabang yang baru untuk 2 kantor di Samosir. Yakni kantor cabang ke-159 di Kecamatan Sitiotio dan ke-160 di Ambarita, yang ditandatangani oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST.


Dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, syukuran ini dihadiri Menteri Koperasi dan UKM RI yang diwakili Dirut LPDB-KUMKM Supomo bersama Direktur Umum dan Hukum Zaenal Arifin, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba, dan Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon.


Juga Dandim yang diwakili Danramil Pangururan Kapt Inf Donal Panjaitan, Kadis Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Utara yang diwakili Unggul Sitanggang, serta para pengurus, pengawas, manajer, karyawan cabang dan sejumlah anggota se-Indonesia serta undangan lainnya.


Syukuran diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt Rein Justin Gultom, yang dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai pihak.


Dan selanjutnya dilakukan pemotongan kue HUT KMM ke-12 pada puncak acara, penyerahan Pinjaman MURI secara simbolis, penyerahan piagam penghargaan kepada manajer cabang yang berprestasi serta beasiswa pendidikan kepada anak-anak anggota yang berprestasi di sekolah masing-masing.(BG/TS)




TRENDINGMore