EKONOMIINFRASTRUKTURNEWSSAMOSIRSUMUT

Bupati Samosir Monitoring Sirtunisasi Jalan Lingkar Luar Danau Toba

Jumat, 30 Juli 2021, 14:17 WIB
Last Updated 2021-07-30T09:26:17Z

Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Plt Kadis PU Sarimpol Manihuruk, meninjau pelaksanaan kegiatan Sirtunisasi jalan lingkar luar Danau Toba.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bupati Samosir Vandiko T Gultom meninjau langsung (monitoring) Sirtunisasi (pengerasan badan jalan dengan batu dan pasir) pada ruas jalan lingkar luar (outer ring road) Danau Toba di ruas jalan penghubung desa di Desa Hariarapohan-Siparmahan Kecamatan Harian, Jumat (30/7).


Kedatangan Bupati Vandiko yang didampingi Plt Kepala Dinas PUPR Sarimpol Simanihurul dan Kadiskominfo Rohani Bakkara disambut langsung Camat Harian Roberthon Manik dan Tiga Kepala Desa yaitu Kades Dolok Raja Robert Sihotang, Kades Hariarapohan Viator Sihotang dan Kades Sampur Toba.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom bergambar bersama dengan Tenaga Kesehatan di Poskodes Dolok Raja.


Bupati Vandiko, mengatakan peninjuan dilakukan untuk mengetahui secara langsung mengenai kondisi jalan yang rusak dan progres pemeliharaan yang sedang dilakukan. Setelah melihat langsung di lapangan, memang kondisi jalan mengalami kerusakan perlu ditangani secepatnya. Atas kerusakan jalan tersebut pihaknya pun melakukan program Sirtunisasi menutup jalanan yang rusak supaya dapat dilalui alat transportasi untuk berjalan lancar, nyaman dan aman.


Tujuan utama sirtunisasi ini adalah untuk perawatan jalan yang layak dilalui guna percepatan akses transportasi terjangkau, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah ini agar pertumbuhannya tidak terhambat oleh kurang memadainya prasarana akses jalan, jelas Bupati Vandiko didampingi Plt Kadis PU Sarimpol.


Karena keterbatasan anggaran Pemerintah, salah satu upaya pendukung pencapaian visi Bupati/Wakil Bupati Samosir mewujudkan jalan-jalan di Samosir layak dilalui, dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki maka program Sirtunisasi menjadi langkah awal untuk pencapaian visi dan misi itu," ujar Plt Kadis PU Sarimpol Manihuruk.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom, bersama Camat Harian Roberthon Manik dan para Kades.


Kades Hariarapohan, Viator Sihotang mengatakan, kerusakan jalan dirasakan sejak beberapa tahun lalu yang ditandai cor beton mengelupas sehingga berlobang. Kondisi tersebut sangat mengggangu kelancaran berlalu lintas dan mengundang kerawanan terjadi kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu berharap Pemkab segera melakukan perbaikan.


Kades Dolok Raja, Robert Sihotang pun menyampaikan surat permohonan Pembangunan Poskodes dan mengisi fasilitas lainnya. 

TRENDINGMore