NEWSSAMOSIRSUMUT

Bupati Samosir Serahkan Kartu JKN KIS

Rabu, 04 Agustus 2021, 01:26 WIB
Last Updated 2021-08-05T04:29:38Z

 

Bupati Samosir Vandiko T Gultom, menyerahkan Kartu JKN KIS, kepada masyarakat Samosir.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom,  menyerahkan secara simbolis Kartu JKN KIS Pekerja Bantuan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja Pemerintah Daerah (BP PEMDA) kepada sepuluh perwakilan kepesertaan yang berada di Wilayah Puskesmas Ambarita, bertempat di Aula Puskesmas Ambarita, Kecamatan Simanindo, Selasa (3/8).


Plt Kadis Kesehatan dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan bagian program kerja Bupati/Wakil Bupati Samosir dalam bidang kesehatan. Sesuai dengan target yang ditetapkan, bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Samosir sudah harus dilindungi dengan jaminan kesehatan (total coverage). 


Lanjutnya, untuk tahap awal, bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, telah memasukan 503 kepesertaan dari target sampai akhir tahun 2021 sebanyak 1500 peserta. Untuk wilayah Puskesmas Ambarita, sudah mengaktifkan145 anggota kepesertaan baru. 


Kepala BPJS Kesehatan Samosir Dolok Siagian, menyampaikan bahwa sebanyak 80,9 persen masyarakat Samosir sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan, dan sekitar 19,1 persen atau sekitar 26 ribu jiwa belum terdaftar sebagai peserta BPJS. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir yang tetap mempercayakan jaminan kesehatan dikelola oleh BPJS. Pihaknya akan mendukung Visi/Misi Bupati Samosir, untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC), dimana seluruh penduduk Kabupaten Samosir sudah mendapat jaminan sosial dasar yaitu kesehatan.


Vandiko, menyampaikan bahwa pemberian jaminan kesehatan bagi masyarakat merupakan bagian dari program 100 hari Bupati/Wakil Bupati Samosir. Sampai akhir tahun, bupati menargetkan akan mengaktifkan 1500 kepesertaan secara bertahap. Pemkab Samosir juga akan tetap tetap berupaya memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat ditengah keterbatasan anggaran akibat Pandemi Covid-19 saat ini.


"Kami (Bupati/Wakil Bupati Samosir) berjanji sampai akhir periode kepemimpinan kami, seluruh masyarakat Kabupaten Samosir akan mendapatkan jaminan kesehatan. 


Dalam kesempatan ini saya juga berterima kasih kepada jajaran Puskesmas yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan diharapkan kepada kita semua untuk saling menjaga dan meningkatkan kesadaran kita dalam mematuhi protokol kesehatan untuk mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir yang kita cintai ini" ujar bupati.(BG/TS)

TRENDINGMore