DPRDNEWSSAMOSIRSUMUT

AMPP Unjuk Rasa ke Samosir

Selasa, 28 September 2021, 13:21 WIB
Last Updated 2021-09-28T07:35:19Z

 


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Ratusan Aliansi Masyarakat Pemerhati Pembangunan (AMPP) Samosir, melakukan aksi unjuk rasa ke kantor DPRD Kabupaten Samosir, Selasa (28/9).


Dengan menggunakan puluhan kendaraan bermotor dan pengeras suara, Massa AMPP Samosir bergerak dari Terminal Onan Baru Pangururan ke kantor DPRD.


Orator aksi Jautir Simbolon membacakan 5 tuntutan yaitu,

 1. Menuntut kepada Bupati dan DPRD Samosir untuk membubarkan staf khusus Bupati Samosir ataupun tim percepatan pembangunan yang bukan ASN 

 2. Mendukung Polres Samosir dalam mengusut dugaan tindak pidana dalam pembatalan beberapa pengadaan barang dan jasa di tender ulang.

 3. Menjelaskan secara terbuka kepada masyarakat Samosir jumlah transfer Dana Alokasi Khusus (DAK) yang ditarik pemerintah pusat akibat tidak adanya kontrak sampai tanggal 31 Agustus 2021

 4. Menghentikan usulan pengadaan alat berat pada APBD Perubahan maupun R-APBD Tahun 2022 karena dianggap tidak berorientasi ataupun menghamburkan uang rakyat 

 5. Menghentikan usul pemeliharaan renovasi rumah dinas Bupati Samosir pada APBD perubahan maupun R-APBD Tahun 2022.

Setelah membacakan tuntutan aksi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir Nasip Simbolon didampingi Pantas Marroha Sinaga, mempersilahkan Masyarakat masuk ke ruang rapat untuk menyampaikan tuntutan aksi.


Ketua DPRD Samosir Sorta E Siahaan didampingi Nasip Simbolon, Pantas Sinaga dan Anggota DPRD Samosir, mengatakan bahwa Staf Khusus Bupati tidak diperbolehkan dialokasikan untuk dianggarkan, hanya Tim Percepatan Pembangunan yang dimungkinkan dan itu harus disetujui Gubsu.


Selanjutnya terkait, adanya tender ulang di Kabupaten Samosir, DPRD mengapresiasi Polres Samosir untuk segera dituntaskan.


Sementara usulan pengadaan 9 alat berat excavator pada P-APBD 2021 sudah kita tunda dan hanya disetujui 2 unit dan itupun harus digunakan Awal Oktober.


Terkait rehabilitasi rumah dinas yang diusulkan Pemkab Samosir pada P-APBD 2021 Rp3, 3 Miliar, sudah diusulkan DPRD untuk pemeliharaan saja.


Selanjutnya perwakilan AMPP Samosir, menyerahkan tuntutan kepada Ketua DPRD Kabupaten Samosir, dan selanjutnya para peserta membubarkan diri. (BG/TS)

TRENDINGMore