NEWSPERISTIWASUMUT

Bus Betahamu Tabrak Pohon Sawit, 1 Tewas 3 Luka-luka

Kamis, 16 September 2021, 13:39 WIB
Last Updated 2021-09-16T06:39:21Z
Kondisi bus Betahamu BK 7451 TL ringsek setelah menabrak pohon kelapa sawit di jalan umum P.Siantar - Perdagangan.


SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR : 

Satu orang tewas dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden kecelakaan lalu lintas tunggal melibatkan 1 unit bus Betahamu di jalan umum KM 23,5-24 jurusan Pematangsiantar - Perdagangan, tepatnya kawasan Lingkungan 12 Suka Rakyat 1 Kelurahan Kerasaan, Kecamatan Pematangbandar, Kabupaten Simalungun, Rabu (15/9) sore.



Keterangan diperoleh menyebutkan, insiden laka itu terjadi akibat bus menabrak lubang jalan, sehingga pengemudi bus hilang kendali dan akhirnya menabrak pohon sawit di pinggir jalan.



Korban tewas bernama Erita br Matondang (64) warga Jalan Parahot Nagori Pamatang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. Dalam kejadian itu korban mengalami luka berat dan menghembuskan nafas terakhirnya diperjalanan saat dibawa menuju rumah sakit ke Pematangsiantar.



Korban luka lainnya, Mesia (51), Nagori Manrayat Bayu, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, mengalami luka berat dan saat ini dirawat di RSUD Perdagangan. Kemudian Mesra br Silalahi, (42), warga Dusun Pulau Gundur Desa Sumbul Tengah, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, setelah kejadian mengalami luka ringan dan berobat jalan. Togi Silalahi (17), kernet bus Betahamu, warga Lorong 20 Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, mengalami luka ringan dan berobat jalan.



Sementara, supir bus Betahamu BK 7451 TL bernama Hamonangan Saragih (67), warga Jalan Tangki Lorong 20 Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Martoba, Pematangsiantar, setelah kejadian tidak mengalami luka.



Kasat Lantas Polres Simalungun, AKP Hendrik F Aritonang, melalui Kanit Laka Iptu Jonni FH Sinaga, yang dihubungi Kamis (16/9), membenarkan adanya peristiwa laka lantas tunggal yang menimbulkan satu korban jiwa di jalan umum P.Siantar - Perdagangan persisnya kawasan di kawasan Suka Rakyat 1 Kelurahan Kerasaan, Kecamatan Pematangbandar.



" Kejadianya Rabu (15/9) sore, menimbulkan 1 korban meninggal dunia, 3 lainnya mengalami luka-luka," ujar Iptu Jonni Sinaga.



Kronologisnya, diduga sebelum kejadian mobil bus Betahamu BK 7451 TL dikemudikan Hamonangan Saragih, datang dari arah Perdagangan menuju Pematangsiantar melaju dalam kecepatan tinggi. 



Ketika tiba di TKP, bus yang hanya berpenumpang 5 orang tersebut mengambil jalur ke kanan karena hendak mendahului mobil di depan searah jurusannya, tiba-tiba menabrak lubang jalan sehingga bus oleng dan supir tidak dapat mengendalikan kenderaannya dan selanjutnya menabrak pohon kelapa sawit yang ada disisi beram jalan dimaksud yang menyebabkan terjadinya laka lantas tunggal.



Warga sekitar yang mendengar kejadian itu segera mendatangi TKP dan berupaya memberikan pertolongan terhadap penumpang bus tersebut. Sedangkan bus setelah kejadian mengalami ringsek.



" Begitu mendapat laporan, petugas Sat Lantas Polres Simalungun dan Pos Lantas Perdagangan langsung turun ke lokasi, mengevakuasi dan mengantar korban ke rumah sakit, melakukan cek dan olah TKP serta meminta keterangan saksi dan mengamankan barang bukti," terang Iptu Jonni Sinaga.(BG/HS)




TRENDINGMore