NASIONALNEWS

Indonesia Bersiap Sambut Pendemik Menjadi Endemik Covid-19

Senin, 27 September 2021, 16:10 WIB
Last Updated 2021-09-27T09:10:39Z

Presiden RI Joko Widodo.


JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan penting kepada seluruh masyarakat Indonesia. Jokowi mengatakan kondisi Indonesia mulai membaik setelah lebih dari satu tahun dilanda pandemi COVID-19.


Pernyataan itu disampaikan Jokowi di akun Instagram @jokowi, seperti dilihat, pada Senin (27/9/2021). Jokowi mengunggah video animasi warga dari berbagai profesi yang sedang memakai masker.


"Satu setengah tahun dalam selubung pandemi Covid-19, kondisi Indonesia beranjak membaik dalam beberapa pekan belakangan ini. Rumah-rumah sakit tak lagi disesaki pasien Covid-19, pusat-pusat isolasi mandiri di berbagai kota di tanah air mulai melonggar. Status level PPKM di berbagai daerah sudah turun, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata, mulai dibuka, dan sekolah-sekolah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka," kata Jokowi.



Jokowi mengatakan keberhasilan itu berkat dari penerapan PPKM. Selain itu, vaksinasi massal dan protokol kesehatan yang dijalankan masyarakat menjadi kunci.


Jokowi pun mengajak masyarakat untuk bersiap hidup berdampingan dengan COVID-19. Namun dia meminta masyarakat tidak lengah karena COVID-19 tetap ada.



"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama. Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita," ujar Jokowi.(BG/DTC)



TRENDINGMore