NEWSPARIWISATASAMOSIRSUMUT

Puluhan Kapal Wisata Meriahkan Harhubnas 2021

Minggu, 19 September 2021, 15:37 WIB
Last Updated 2021-09-19T08:37:45Z
Kapal Wisata melakukan pawai di perairan Danau Toba, dalam rangka memperingati Harhubnas 2021.


PARAPAT-BERITAGAMBAR :

BPTD Wilayah II Sumut melalui Satuan Pelayanan (Satpel) Danau Toba mengajak kapal wisata melakukan pawai dan parade keliling dalam rangka menyemarakkan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 di perairan Danau Toba, Parapat–Ajibata, Minggu (18/9).


Kegiatan Pawai dan Parade 20-an kapal wisata telah memenuhi standar berlayar sebagai kapal wisata, baik kelengkapan administrasi, teknik dan pelayanan jasa di kapal wisata.

Kapal Wisata melakukan pawai di perairan Danau Toba.


Sebelum pawai dan parade, pihak Kementrian Perhubungan melalui BPTD Wil II Sumut Satpel Toba melakukan penyerahan secara simbolis 40 life jacket dan 20 Ring Bouy (Pelampung) kepada nakhoda kapal peserta dan selanjutnya pukul 10.00 Wib, pawai dimulai dari pantai Pesanggrahaan Bung Karno tanpa membawa penumpang menuju Desa Sualan, dan berputar kembali ke pantai bebas dan Atsari, selanjutnya ke pantai Khas Hotel, melewati Pesanggrahan menuju pelabuhan Tigaraja, dan Finish di perairan Ajibata.



 Kordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Toba  BPTD II Wil Sumut, Rijaya Simarmata, mengatakan konvoi dan parade kapal wisata ini bertujuan memeriahkan Harhubnas 17-09-2021, sekaligus berpartisipasi membangkitkan dan mempromosikan kembali pariwisata Danau Toba yang sudah mati suri selama Pandemi Covid, terutama transportasi wisata.


“Melalui Harhubnas 2021, kita bersinergi mempromosikan pariwisata yang sedang terpuruk akibat pandemi, maka melalui pawai ini kita menunjukkan kepada publik bahwa pelayanan jasa kapal wisata di Danau Toba sudah siap dan laik melayani perjalanan wisata,” imbuh Rijaya.


“Kita memilih kegiatan ini pada hari Minggu karena diharapkan pengunjung bisa melihat sekaligus mengetahui bahwa kapal wisata Danau Toba telah siap melayani pengunjung dengan pelayanan jasa pariwisata yang maksimal tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” lanjutnya.


Dalam perjalanan konvoi, kapal wisata mempratekkan jenis formasi di tengah Danau termasuk Radio, Simbol dan arti Sirene Kapal, kecepatan serta kelaiakan unit dan pelayanan crew kapal, juga contoh atraksi manuver kapal oleh tim Polairud dan SAR.



Ka Unit Polairud Danau Toba Ipda E Sitinjak yang ikut dalam pawai menyatakan siap mendukung dalam pengamanan berbagai kegiatan kepariwisataan di perairan Danau Toba.


“Tim pengamanan dan keselamatan di perairan Danau Toba siap memberi pelayanan, dan mengajak wisatawan tidak takut berwisata ke Danau Toba, Sudah sangat layak dikunjungi karena telah dilengkapi dengan tim dari Polairud dan SAR, kepada wisatawan silahkan datang ke Danau Toba tentu dengan protokol kesehatan,” ujar E Sitinjak.


Hal Senada juga disampaikan oleh Danpos SAR Danau Toba Hisar Turnip, melalui semarak Harhubnas ini kedepan semoga instansi terkait dan mitra kerja bisa saling bersinergi dalam pelayanan, pengaman dan keselamatan di Danau Toba.


“Kita berharap semoga kedepan semua instansi dan stakeholder terus meningkatkan sinergitas untuk mendukung pelayanan dalam kelengkapan keselamatan baik di Danau dan di Darat, sehingga terjadi sebuah keutuhan kerjasama tim untuk memperkuat pelayanan terhadap masyarakat dan pengunjung di Danau Toba,” ungkap Hisar.



Ketua Koperasi OPS (Organisasi Pengusaha Sejenis) Marihat Permai Ramjan Siallagan mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kegiatan yg di inisiasi Kemenhub melalui BPTD Wil II Sumut Satpel Toba, atas perayaan sederhana Harhubnas 2021 dalam mempromosikan pariwisata Danau Toba.


“OPS Marihat Permai merasa bersyukur atas perhatian dari Kemenhub dan jajarannya dalam kepedulian membangkitkan dan menggairahkan komunitas kapal wisata tradisional Danau Toba dan berharap kegiatan ini bisa berkesinambungan menjadi kalender Tahun, dan pihak OPS siap menjadi tim dan menggerakkan roda kegiatan agar promosi Danau Toba menjadi meningkat dan lebih maju sesuai harapan kita bersama menjadi daerah wisata super prioritas,” harap Ramjan Siallagan.


Siallagan juga mengajak semua stakeholder yang terkait dengan Pariwisata Danau Toba, supaya serius dan tulus dalam menjaga kenyamanan pengunjung.


“pengunjung adalah Raja sehingga kita wajib memberi pelayanan maksimal, agar mereka nyaman dan betah di Danau Toba” imbuhnya


Disampaikan Siallagan List kapal wisata yang ikut memeriahkan pawai kapal wisata Harhubnas KM.HMS 01, KM.NATIO 01, KM.JAM, KM.HMS 02, KM.ADINDA, KM.DEBORA TOUR, KM.SARINA, KM.NATIO 07, KM.MARCEL 02, KM STAR 03, TOBA CRUISE 11, KM.STAR 04, KM.ARTAULI, KM.TUNAS INDAH, KM.META, KM ROY 11, KM.KANRO, KM.ARIMBI, KM.HMS 03, KM STEVEN JORDAN.(BG/TS)

TRENDINGMore