NEWSPERISTIWASUMUTTABAGSEL

Banjir Hantam Jembatan Penghubung Tiga Desa di Paluta

Minggu, 19 September 2021, 15:03 WIB
Last Updated 2021-09-19T08:03:47Z

 

Kondisi jembatan yang nyaris akbruk di Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Paluta. 

PALUTA-BERITAGAMBAR :

Jembatan penghubung Tiga desa di Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padanglawas Utara retak dan nyaris ambruk akibat diterjang luapan banjir besar, Minggu (19/9).


Akses transportasi yang menghubungkan tiga desa di seberang sungai lumpuh total yaitu, Desa Batang Onang lama, Batang Onang Baru dan Bonan Dolok.


Pantauan, Kondisi jembatan tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat termasuk pejalan kaki, karena dinding penahan jembatan sudah retak dan bangunan jembatan nyaris patah.


Tua Rohot Siregar, warga setempat mengatakan jembatan ini rusak akibat hujan deras melanda Kabupaten Padanglawas Utara sehingga debit air meningkat dan membuat arus sungai di dekat jembatan meluap dan menerjang jembatan.


Kepala BPBD Kabupaten Padanglawas Utara, Khairul Harahap terjun langsung melihat kondisi bangunan jembatan yang diterjang banjir di Kecamatan Batang Onang. 


 Katanya, kondisi jembatan sudah nyaris patah dan dinding penahan jembatan sudah amblas akibat terguras luapan arus banjir. 


"Ada tiga desa terdampak dan aksesnya menjadi terputus akibat rusaknya jembatan ini yakni, desa Batang Onang Lama, Batang Onang Baru dan Bonan Dolok," terangnya. 


Kata Khairul, pihaknya juga langsung melakukan rapat bersama Camat Batang Onang, ketiga Kepala desa beserta tokoh masyarakat dengan agenda rapat membuat perencanaan pembangunan jembatan darurat. Kemudian kejadian ini juga langsung dilporkan ke BPBD Provinsi dan ke BNPB.


Tiang listrik PLN tumbang.


 Tiang Listrik Di Simangambat Tumbang


Akibat tingginya intensitas curah hujan di wilayah Kabupaten Padanglawas Utara juga mengakibat tiang listrik di Kecamatan Simangambat tumbang ke badan jalan. 


Akibatnya, PLN padam dan akses menuju Simangambat terhalang tiang PLN.


Faisal Tanjung warga setempat melaporkan langsung kondisi ini ke PLN Gunungtua. Katanya, tiang sudah tumbang ke jalan. Akses menuju Kecamatan menjadi terhalang karena kabel dan tiang PLN yang tumbang. 


PLN Gunungtua melalui PT Rayhan langsung melakukan perbaikan dengan menggunakan alat berat untuk mengangkat kembali tiang dan melalukan perbaikan. (BG/HU)




 

TRENDINGMore