.EKONOMIMEDANNEWSSUMUT

Tahun 2020, Pemko Medan Alokasikan Anggaran Infrastruktur Rp1 T

Rabu, 22 September 2021, 11:26 WIB
Last Updated 2021-09-22T04:26:27Z

 

Walikota Medan Bobby Nasution.

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menambah alokasi anggaran perbaikan infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum (PU). 


Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Rabu (22/9) mengatakan, anggaran Dinas PU menjadi Rp1 triliun di tahun anggaran 2022.


Bobby berkeinginan agar seluruh tender kegiatan di tahun 2022 sudah selesai dilakukan sebelum 2021 berakhir. Sehingga awal tahun depan pekerjaan fisik dapat langsung dimulai dan uang tidak lama-lama tersimpan di bank serta terjadi pertumbuhan ekonomi.



 

"Ini yang saya katakan ke depan tahun 2022, saya minta tender tahun ini (selesai). Mulai dari rapat internal, RPJMD (Rapat Pembangunan Jangka Menengah Daerah) saya sampaikan harus cepat, bahkan saya bilang bulan 9 (September) gak ada yang boleh kerja lagi," jelasnya.


Menurut dia, cuaca menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil kerja Dinas PU. Seperti diketahui menjelang akhir tahun biasnya masuk musim hujan.


Di sisi lain, percepatan tender dan pelaksanaan kegiatan juga dilakukan dalam rangka mempercepat penyerapan anggaran.


"Biar anggaran terealisasi dengan cepat, bulan 9 faktor cuaca mempengaruhi kerja di PU, juga mempercepat realisasi anggaran, bulan 9 gak boleh kerja lagi tahun depan, itu upaya kita," paparnya.



 

Terpisah, Kepala Dinas PU Medan, Zulfansyah Ali Saputra, mengatakan anggaran Rp1 triliun itu dibagi kepada beberapa item kegiatan, seperti Rp450 miliar untuk perbaikan jalan. Rp 300 miliar dialokasikan untuk perbaikan drainase dan sisanya belanja pegawai dan yang lain.


Dengan anggaran Rp 450 miliar untuk jalan, dia memperkirakan perbaikan jalan di tahun 2022 bisa mencapai 300 km dari 3.017,4 km panjang jalan Kota Medan.


"Dengan Rp 450 miliar, kalau lebar jalannya 3 meter, maka bisa 300 km yang diperbaiki tahun depan," katanya.


Perbaikan jalan sepanjang 300 kilometer itu, kata Zulfansyah, kombinasi antara metode readymix (pembetonan) dan aspal hotmix. Sesuai dengan arahan Wali Kota Medan Bobby Nasution, ia mengatakan sebelum tahun ini berakhir tender sudah akan di mulai.



 

Untuk perbaikan jalan tahun ini, diakuinya melalui tender sudah ada yang dimulai. Salah satunya Jalan Pancing I, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan yang sempat menyita perhatian banyak orang.


"Pengerjaan awal sudah berjalan, sudah dimulai perataan tanah. Untuk pengecoran awal rencananya Senin pekan depan, ini mau lapor ke pak wali soal agenda tersebut," sebutnya.



Semula pengecoran perdana dijadwalkan pada Kamis 23 September 2021. Namun, tenaga ahli yang akan mengerjakan itu belum tiba di Medan karena belum vaksin.



 

"Karena belum vaksin, tenaga ahlinya ke Medan menggunakan jalur darat, makanya belum tiba. Sehingga pengecoran perdana Jalan Pancing I itu digeser pekan depan, menunggu tenaga ahli itu datang," urainya.(BG/JP)


TRENDINGMore