NEWSPERISTIWASUMUT

Humbahas Berkomitmen Kembangkan Smart City

Selasa, 26 Oktober 2021, 00:17 WIB
Last Updated 2021-10-26T02:19:15Z
Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor saat menerima audiensi Tim Kemenkominfo.


DOLOKSANGGUL-BERITAGAMBAR : 

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor berkomitmen Kembangkan smart city (Kota Cerdas) di daerah itu. Demikian terungkap atas audiensi tim Kemenkominfo RI dengan di ruang kerja bupati, Senin (25/10). 


Dosmar Banjarnahor menyampaikan,  bahwa Pemkab Humbahas mendukung sepenuhnya program smart city di KSPN (Kawasan Stategis Pariwisata Nasional) Danau Toba. 


"Humbahas merupakan salah satu Kabupaten yang dominan penduduknya bekerja sebagai petani, namun demikian daerah itu memiliki potensi objek wisata yang masih perlu dikelola secara maksimal sebagai destinasi wisata kelas dunia. Kehadiran tim smart city sangat relevan dengan pengembangan pariwisata dan pertanian di Humbahas," ujarnya. 


Tim master plan smart city diharapkan terfokus pada pengembangan pertanian dan pariwisata.  Dalam bidang pertanian, smart city akan mendukung Pengembangan Food Estate dan Taman Sains dan Teknologi Herbal & Hortikultura (TSTH2). Dalam bidang pariwisata difokuskan pengembangan Objek Wisata Geosite Sipincur dan Wisata Sejarah Pahlawan Nasional Sisingamangaraja. 


Sementara itu, PIC smart city Kemenkominfo, Dwi Elfrida Simanungkalit pada audiensi itu menyampaikan tentang smart city bahwa smart city atau kota cerdas ini akan dikembangkan disemua sektor dengan leading sektornya Dinas Komunikasi dan Informatika. 


smart city merupakan salah satu konsep pengembangan Kabupaten/Kota berdasarkan prinsip pengembangan teknologi informasi yang dibuat untuk kepentingan bersama secara efeketif dan efisien. 


Dalam penerapan konsep smart city, terdapat beberapa unsur yang perlu dikembangkan, salah satunya adalah smart government. Tujuan yang harus dicapai antara lain satu data Indonesia, kalau di Kab. Humbahas pengembangan aplikasi dan server dipusatkan di Diskominfo dan kompilasi dan migrasi data sektoral berhubungan dengan Diskominfo Humbahas.  (BG/REL)



TRENDINGMore