NEWSPERISTIWASUMUT

Perbaikan Sementara, Jembatan Muzoi Orahili Nias Utara Sudah Bisa Dilalui

Senin, 04 Oktober 2021, 10:29 WIB
Last Updated 2021-10-04T03:29:33Z

 

Jembatan Muzoi Orahili Nias Utara yang roboh dihantam banjir besar beberapa hari lalu sudah bisa dilalui setelah diperbaiki seadanya. 

GUNUNGSITOLI-BERITAGAMBAR :

Jembatan Muzoi Orahili Nias Utara yang roboh dihantam banjir besar beberapa hari lalu sudah bisa dilalui setelah diperbaiki seadanya. 


Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.5 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara, Firman Hutauruk kepada wartawan, Senin (4/10), menjelaskan, pihaknya terus bekerja keras memperbaiki jembatan Muzoi, hingga saat ini akses antar 2 desa yang sempat terputus kembali tersambung.


 

"Saat ini jembatan sudah kembali terhubung. Anak-anak sekolah yang kita khawatirkan terganggu menuntut ilmu kini sudah bisa pergi dan pulang melewati jembatan," kata Firman yang langsung memimpin perbaikan jembatan di lapangan dibantu bersama masyarakat setempat.


Sedangkan untuk pembangunan permanen, lanjut Firman, akan segera dilaksanakan tahun ini mengingat daerah tersebut lintasan produktif.



 

"Mudah-mudahan minggu depan tim teknis kementerian PUPR sudah turun untuk keputusan akhir," jelasnya.



 

Seperti diketahui, pada Rabu, 29 September 2021, Sungai Muzoi mengalami peningkatan debit air seiring hujan dan banjir. Air yang meluap menghantam jembatan Muzoi pada beberapa bagian hingga ambruk.


Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menjanjikan perbaikan jembatan gantung itu. Bahkan ia menyebut Pemprov Sumut akan membangun jembatan permanen menggantikan jembatan gantung itu.



 

Namun pembangunannya tidak bisa dilaksanakan tahun ini. Ia mengatakan akan dibangun pada tahun depan menggunakan dana APBD Sumut tahun anggaran 2022. "Memang mau kita betulin di 2022 ini, kita buat jembatan, khususnya di Nias menjadi prioritas," ujar Edy menjawab wartawan di Medan, Jumat (01/10/2021).


Menurut Edy, sebelum jembatan gantung itu rusak, dirinya telah mengetahui kondisinya saat kunjungan kerja ke Pulau Nias. Karena itu, Pemprov Sumut telah merencanakan perbaikan sejumlah infrastruktur, termasuk membangun jembatan permanen di atas Sungai Muzoi, Desa Orahili.


 

"Sebelum kena banjir, beberapa bulan yang lalu saya sudah lihat ke sana. Memang itu harus segera dibetulin. Diganti menjadi jembatan permanen," pungkas Gubernur Edy Rahmayadi.(BG/FH)



TRENDINGMore