NEWSSAMOSIRSUMUT

Bupati Samosir Bersama Poktan Siriaon Panen Perdana Bawang Merah

Selasa, 02 November 2021, 21:37 WIB
Last Updated 2021-11-02T14:37:07Z
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, bersama dengan Kelompok Tani Siriaon, Desa Pardomuan, Kecamatan Onan Runggu melakukan Panen Perdana Bawang Merah Varietas Batu Ijo di Desa Pardomuan, Kecamatan Onan Runggu. 



SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, bersama dengan Kelompok Tani Siriaon, Desa Pardomuan, Kecamatan Onan Runggu melakukan Panen Perdana Bawang Merah Varietas Batu Ijo di Desa Pardomuan, Kecamatan Onan Runggu, Selasa (2/11).



Plt Kadis Pertanian Junellis Sinaga dalam laporannya menyampaikan Program Bantuan Pengembangan Tanaman Bawang Merah yang bersumber dari Dana APBD Samosir TA. 2021 diterima oleh 7 Kelompok Tani, dengan total bantuan bibit Bawang Merah 3.300 Kg, Pupuk NPK Mutiara 900 Kg, Pupuk Organik 6.300 kg. Salah satunya adalah Poktan Siriaon yang memperoleh bibit Bawang Merah 475 Kg, Pupuk NPK 125 Kg, Pupuk Organik 18 zak (900 Kg). Dari ketujuh Poktan tersebut, sebelumnya ada 4 kelompok yang sudah melakukan panen diantaranya Poktan Satolop Tamba Dolok dengan produktifitas 15 Ton/Ha, 

Poktan Indah Tamba Dolok dengan produktifitas 12 Ton/Ha, Poktan Lomak Tani Gorat Pallombuan dengan produktifitas 9 Ton/Hab dan Poktan Mandiri Cinta Dame Simanindo dengan produktifitas 8 Ton/Ha.


Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, nenyampaikan terima kasih kepada Poktan Siriaon yang telah memanfaatkan bantuan ini hingga berhasil dan bisa melakukan panen yang muaranya diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian. Beliau mengakui di Samosir masih susah mendapatkan bibit bersertifikasi. Maka solusinya kedepan, Pemkab akan menambah tempat penangkaran bibit bawang, utamanya bibit bawang merah asli Samosir. 


Terkait dengan akses jalan, tahun depan Pemkab akan membeli alat berat, dengan tujuan membuka akses-akses baru dan jalan usaha tani sehinga lahan-lahan tidur yang masih kosong dapat dikelola dengan baik.


Oleh karena itu, Bupati berharap kepada masyarakat diminta agar bersedia memberikan tanahnya tanpa ganti rugi demi kepentingan bersama


Kepada Poktan Siriaon, Bupati meminta agar melanjutkan budidaya Bawang Merah dan berupaya semakin meningkatkan hasilnya, dengan tetap bersinergi dengan petugas penyuluh lapangan dan Dinas Pertanian.


Ketua Poktan Siriaon Kardo Gultom menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Bupati Samosir dalam panen perdana ini. Hal ini akan memberikan semangat kepada kelompok ini untuk terus bekerja.


Namun dirinya meminta kepada Pemkab agar semakin meningkatkan sinergitas dan koordinasi melalui petugas penyuluh lapangan dengan para petani. Selain itu, dimohon juga agar pemerintah dapat membenahi akses jalan, karena lokasi ini sangat potensial dan merupakan lahan-lahan produktif.(BG/TS)




TRENDINGMore