EKONOMINEWSSAMOSIRSUMUT

Dinkes Samosir Uji Kelayakan Depot Air Isi Ulang, Ini Daftar Depot Layak Konsumsi

Rabu, 17 November 2021, 15:07 WIB
Last Updated 2021-11-18T01:10:59Z

 

Ilustrasi Depot Air Minum isi ulang.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :


Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir melakukan uji kelayakan sebanyak 40 Depot Air Minum yang ada di wilayah Samosir sejak Juni lalu.


Demikian disampaikan Kabid Kesehatan Masyarakat, Hotnida Manalu, Selasa (16/11) diruang kerjanya.


Dikatakannya, bahwa tujuan dilaksanakannya pemeriksaan dan uji kelayakan depot air minum di wilayah Kabupaten Samosir adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mengurangi angka kesakitan yang diakibatkan konsumsi air minum yang tidak memenuhi syarat. Selain itu untuk menjamin kualitas dan keamanan air minum dari depot hingga ke konsumen, terang Hotnida.


Pemeriksaan uji kelayakan depot air minum tersebut dilakukan ke sebanyak 40 Depot dan yang layak memenuhi syarat sebanyak 29 Depot sesuai hasil pemeriksaan laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir sementara 11 diantaranya belum memenuhi syarat kelayakan untuk dapat diminum.


Adapun 29 depot air minum di Kabupaten Samosir yang layak konsumsi atau diminum diantaranya, di Desa Pardomuan I yaitu Wine Water, Hobasta Water, Parandean Water, Van Water, 12 Bersaudara Water dan Garuda Water Kelurahan Pasar Pangururan, Oxy Water Desa Hutanamora, Jaddy Arta Water Desa Hutatinggi, Aldi Water Kelurahan Pintusona, Alvaro Water Desa Parlondut, Parsaulian Water Kelurahan Pasar Pangururan, Kembar Water Kelurahan Pintusona, Bertuah Water Desa Hutanamora, Dippos Water Kelurahan Siogungogung dan semuanya berada di Kecamatan Pangururan.


Sementara depot air minum lainya, di Kecamatan Simanindo yaitu, Donny Water Kelurahan Tuktuk Siadong, Theo Water Desa Tomok, Hisar Water Kelurahan Tuktuk Siadong, Louis Water Kelurahan Tuktuk Siadong, Malima Water Desa Unjur, Joy Water Desa Ambarita, Bagus Water Desa Garoga, Joy Ganggabanu Water Desa Cinta Dame. 


Kemudian depot air minum lainya berada di Kecamatan Nainggolan yaitu, Vanca Qua Kelurahan Sirumahombar, Aek Mual Natio Desa Sipinggan, Kasih Water Desa Nainggolan, Permata Air Desa Nainggolan dan Faisal Water Desa Onanrunggu kecamatan Onanrunggu, Sunday Water Desa Urat II Kecamatan Palipi, Wizzard Isi Ulang Desa Sinaga Uruk Pandiangan Palipi.


Selanjutnya Hotnida menjelaskan bahwa sebenarnya pengujian kualitas air minum tersebut merupakan tanggungjawab dan kewajiban pengusaha depot air minum yang harus dilakukan secara berkala dan Dinas Kesehatan sebagai pengawas eksternal.


Namun, karena tingkat kesadaran pengusaha depot yang masih rendah untuk melakukan pengawasan internal bagi usahanya, maka Pemkab Samosir melalui Dinas Kesehatan mengambil langkah melakukan uji kualitas air minum pengusaha depot untuk menjamin kualitas air minum yang akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat, jelas Hotnida. (BG/TS)


TRENDINGMore