NEWSPERISTIWASUMUT

Dua Desa Di Sergai Terendam Banjir

Minggu, 21 November 2021, 18:35 WIB
Last Updated 2021-11-21T11:35:51Z

 

Pemukiman warga Desa Penggalian Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Sergai yang terendam banjir akibat luapan sungai Bahilang, Minggu (21/11).

SEIRAMPAH-BERITAGAMBAR : 

Puluhan rumah di Desa Penggalaian di Kecamatan Tebing Syahbandar dan Desa Marjanji Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terendam banjir, Minggu (21/11).


Kepala Desa Penggalian Syaiful Amri Damanik, Minggu sore menuturkan banjir datang secara tiba-tiba seperti air bah, Minggu pagi sekira pukul 08:30 WIB, akibat luapan air sungai Bahilang.


" Selain menggenangi pemukiman warga sebanyak 35 rumah di Dusun I Desa Penggalian dengan ketinggian air mencapai satu meter juga menggenangi akses jalan Desa Penggalian menuju Kota Tebing Tinggi sepanjang sekitar satu kilometer dengan ketinggian air mencapai satu meter", terang Syaiful Amri Damanik seraya menambahkan akses Desa Penggalian menuju Kota Tebing Tinggi masih terputus.


Ditambahkan Kepala Desa Penggalian, namun sore ini banjir sudah mulai surut dengan ketinggian air dari 50 centimeter hingga 70 centimeter.


Camat Sipispis Hidayat Tambunan yang dihubungi Waspada mengatakan banjir melanda Dusun XIII Kelambir Desa Marjanji Kec.Sipispis dan sekitar 25 unit rumah warga terendam banjir dengan kedalaman air maksimal satu meter.


"Kondisi banjir hingga sore ini mulai surut, bantuan ke korban banjir juga telah turun ke lokasi banjir dari Pemkab Sergai, Polres Tebing Tinggi dan Kodim, kita berharap kepada masyarakat yang mampu untuk gotong royong membantu korban banjir", harap Hidayat Tambunan.


Kepala BPBD Sergai Hendry Suharto membenarkan bencana banjir di Desa Marjanji Kecamatan Sipispis dan Desa Penggalian Kecamatan Tebing Syahbandar, satu rumah warga di Dusun Kelambir Desa Marjanji terdampak longsor hingga rumah mengalami rusak. (BG/HE)





TRENDINGMore