NEWSPERISTIWASUMUT

Kapolres Simalungun Cek Pos PAM di Danau Toba

Kamis, 30 Desember 2021, 18:01 WIB
Last Updated 2021-12-30T11:02:32Z
Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto saat melakukan pengecekan di pelabuhan penyeberangan Tigaras.



SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR : 

Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, mengingatkan para nakhoda dan anak buah kapal (ABK) agar mematuhi SOP (Standard Operasional Prosedur) untuk memberikan rasa aman bagi warga yang akan menggunakan jasa transportasi umum kapal penyeberangan dalam rangka menyambut malam Tahun Baru 1 Januari 2022.



Peringatan itu dikemukakan Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto saat


melakukan pengecekan Pos Pengamanan (Pam) Ops Lilin Toba 2021 dalam rangka perayaan Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2022 di Pelabuhan Penyeberangan Tigaras, Kec. Dolok Pardamean Kab. Simalungun, Rabu (29/12/2021) sore.



Kepada nakhoda dan para anak buah kapal (ABK), mantan Kapolres Tapteng itu berpesan agar melaksanakan pemeriksaan perlengkapan keamanan secara berkala, dan memastikan semuanya layak digunakan. Kemudian tidak membawa beban melebihi batas maksimal kapasitas kapal. Semuanya harus diperhitungkan.



" Pemeriksaan Manifes harus sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Pastikan semua dalam keadaam aman, berikut dengan perlengkapan diri yang akan digunakan apabila ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti alat pelampung, kapal kecil, serta tanda darurat yang akan digunakan apabila mendesak.


Ini semua harus dilakukan pengecekan sebelum kapal berangkat meninggalkan pelabuhan, karena kita semua harus saling menjaga agar masyarakat aman dalam melakukan perjalanan," ujar Kapolres.



Dalam pengecekan itu, orang pertama di jajaran Polres Simalungun itu didampingi Kasat Lantas AKP Hendrik Fernandes Aritonang dan Kapolsek Dolok Pardamean AKP Sontang. Pengecekan itu dilakukan dalam rangka antisipasi lonjakan penumpang transportasi umum kapal menyambut malam tahun baru.



Selain itu, tujuan pengecekan untuk memastikan kehadiran dan kesiapan personel di Pos Pam Ops Lilin Toba-2021 dalam melaksanakan pengamanan, pemeriksaan kelengkapan kendaraan serta surat vaksin masyarakat yang hendak melintasi Pos Pam. 



Kemudian pengecekan kesiapsiagaan personel dan administrasi pendukungnya serta menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tetap hati-hati dalam berkendaraan, patuhi lalu lintas dan tetap disiplin protokol kesehan (Prokes).



Pada kesempatan itu, Kapolres menyampaikan agar personel yang melaksanakan tugas di Pos Pam dapat bekerja secara maksimal, dalam menyampaikan himbauan pendisiplinan Prokes kepada masyarakat secara humanis, serta mengingatkan masyarakat menggunakan masker dan menjaga jarak selama melaksanakan perjalanan.



" Pelaksanaan Ops Lilin Toba-2021 ini difokuskan pada pengamanan dan pelayanan masyarakat dalam hari raya Natal dan Tahun Baru 2022 serta tetap pengawasan penerapan prokes," ujar Kapolres.



Usai pengecekan, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, membagikan bingkisan natal kepada para personil Pos Pam Ops Lilin Toba Tahun 2021 di Pelabuhan Penyebrangan Tigaras.(BG/RE).





TRENDINGMore