NEWSOLAHRAGAPERISTIWASUMUT

KONI se-Sumut Rakor Persiapan Porprovsu 2022

Kamis, 16 Desember 2021, 11:41 WIB
Last Updated 2021-12-16T04:47:11Z
Ketua Umum KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis bergambar bersama dengan Pengurus KONI Kabupaten dan Kota se-Sumut, usai penutupan Rakor.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Utara (Sumut), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan KONI Kabupaten/Kota dan Pengurus Daerah Cabang Olahraga Sumut, Rabu-Kamis (15-16/12) di Hotel Polonia, Medan.


Tujuan Rakor ini untuk persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2022 sebagai ajang seleksi menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. 


Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis saat membuka Rakor tersebut mengatakan, Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh. Untuk itu tentunya berbagai persiapan harus terus dimatangkan demi tercapainya sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, serta sukses peningkatan ekonomi rakyat.


"Agar semuanya berjalan dengan sesuai dengan yang diharapkan, diperlukan kerjasama yang baik dengan semua pihak, sehingga even olahraga terakbar di Indonesia itu benar-benar sukses. Masing-masing Pengprov yang memiliki atlet tentunya juga dituntut untuk lebih keras lagi dalam melakukan pembinaan terhadap atletnya," kata Jhon Ismadi.


Untuk itu, lanjut dia, rakor yang digelar ini sangat penting, artinya karena melalui rakor ini diharapkan dapat dirumuskan soal mekanisme pelaksanaan Porprovsu, Kejurda dan Selekda. Porprovsu, kejurda, selekda merupakan salah satu upaya menjaring atlet yang siap dibina dan ditempah menuju sukses prestasi PON/2024 Aceh-Sumut.


"Kami harap melalui rakor ini dapat dirumuskan soal mekanismenya. Berdebatlah dalam rakor ini demi tercapainya hal terbaik untuk pelaksanaan Porprovsu yang akan digelar November 2022," katanya.


Sementara Kadispora Sumut Ardan Noor dalam sambutannya diwakili Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga (PPO) M. Thohir mengatakan Sumut menempati peringkat 13 pada PON XX tahun 2021 di Papua. Capaian tersebut jauh dari harapan.


Untuk itu perlu dilakukan evaluasi menyeluruh agar dapat mencapai sukses prestasi pada PON mendatang tahun 2024 dimana Sumut dan Aceh tuan rumah. Salah satunya dengan melakukan pemetaan cabang olahraga yang berprestasi maksimal sehingga lebih terfokus dan terukur nantinya.


Ia mengatakan, tujuan untuk sukses prestasi pada PON XXI tahun 2024 merupakan hal yang wajib. Namun semua pihak harus mengkonsolidasikan segala aspek internal dan eksternal untuk mencapai tujuan tersebut.


"Ada beberapa catatan kami untuk KONI Sumut, diantaranya melakukan pembenahan kepada seluruh pengprov cabang olahraga demi meningkatkan kuantitas dan kualitas olahraga di daerah. Minimnya pengcab olahraga juga menyebabkan tidak berkembangnya olahraga tersebut di daerah. Jika tidak berkembang, bagaimana akan lahir bibit atlet baru di daerah," katanya.(BG/REL)

TRENDINGMore