NEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

Pikat Wanita, Pria Mengaku TNI Diamankan Polres Samosir

Jumat, 03 Desember 2021, 10:20 WIB
Last Updated 2021-12-03T03:21:55Z

 

Oknum TNI-AU gadungan, diamankan ke Mapolres Samosir.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Personil Polsek Harian Boho Resor Samosir bersama Babinsa Koramil 04 Harian Boho, mengamankan seorang pria di Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Kamis (2/12) sore.


Pria berinisial HFN (36) diamankan karena menipu identitas dengan mengaku sebagai TNI-AU gadungan berpangkat Sersan Mayor, juga diduga menipu seorang wanita berinisial FS (28), warga Desa Sosor Dolok, Harian Kabupaten Samosir.


Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH melalui Kasat Reskrim AKP Suhartono, Jumat (3/12) membenarkan kejadian itu.


Diketahui, pelaku yang beralamat di Simpang Paniaran Desa Lumban Holbung Kecamatan Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara ini, mengaku sebagai anggota TNI Angkatan Udara yang berdinas di Yonif 755/Yalet Kodam Bukit Barisan.


Dijelaskan Kasat Reskrim, awalnya personil Polsek Harian Boho menerima laporan dari masyarakat. Berdasarkan informasi tersebut, Anggota Polsek Harian Brigadir Ardiansyah bersama Babinsa Koramil 04 Harian Serda Alfred Sihombing mendatangi seorang pria yang mengaku anggota TNI-AU tersebut di rumah korban di Desa Sosor Dolok.


"Ia mengaku anggota TNI-AU, setelah diinterogasi dan diminta KTA-nya, dia ngaku pecatan tentara, namun karena tidak ada kesesuaian seragam dengan KTA-nya, barulah dia mengaku bahwa dia bukan anggota TNI-AU," jelas AKP Suhartono.


Pelaku sendiri mengakui perbuatannya. Dia mengaku baru seminggu menjadi anggota TNI gadungan dan KTA-nya dicetak di Siborong-borong.


Aksinya itu dilakukan untuk mendekati wanita yang dikenalnya melalui jejaring sosial tersebut.


Pelaku dan korban, lanjut Suhartono, awalnya kenalan di media sosial Facebook. Dari perkenalan tersebut, mereka semakin akrab hingga akhirnya pria tersebut mengunjungi si wanita ke kampungnya di Desa Sosor Dolok Harian.


"Pengakuan pelaku, dia datang ke Samosir pada Selasa kemarin dan menginap di salah satu penginapan di Harian yang dibayari si wanita tersebut," ujarnya.


Beberapa hari di Samosir, si wanita mulai curiga saat pelaku meminjam uang, beralasan dompetnya hilang di Sibolga.


Ia curiga dan merasa ditipu bahwa pria yang ia kenal lewat facebook tersebut bukan tentara. "Atas kecurigaannya, si wanita pun melapor ke Polsek Harian," pungkas Kasat Reskrim Polres Samosir AKP Suhartono.(BG/TS)

TRENDINGMore