NEWSPERISTIWASUMUT

Pangdam I/BB Canangkan Penghijauan Tangkapan Air Danau Toba

Kamis, 13 Januari 2022, 20:49 WIB
Last Updated 2022-01-13T13:50:20Z
Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, canangkan penghijauan di daerah tangkapan air Danau Toba dengan penanaman pohon secara simbolis, dilakukan di Desa Sosorpea Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (13/1).



PARAPAT-BERITAGAMBAR : 


Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, didampingi Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung melaksanakan kegiatan pencanangan penghijauan seluas 10 hektar (Ha) di DTA Danau Toba, yang merupakan kerjasama Kodam I/BB dengan PT Inalum di Desa Sosorpea, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (13/1).


Penghijauan dengan menanam 4.000 bibit pohon macadamia dan 1.000 bibit pohon mahoni, dilakukan Pangdam secara simbolis bersama Direktur Pelaksana PT Inalum Sophia Isabella.


Menurut Pangdam, penghijauan merupakan sarana untuk melestarikan lingkungan, agar kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran. “Selain itu, dengan adanya penghijauan, akan menurunkan suhu suatu tempat, hingga oksigen yang dikeluarkan tumbuhan akan membuat lingkungan lebih segar, nyaman dan asri.”


“Penghijauan ini merupakan sinergitas antara Kodam I/BB dengan PT Inalum, yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan, melestarikan lingkungan dan ekosistim di DTA Danau Toba,” imbuh Pangdam.


Menurut Pangdam, penghijauan dengan menanam bibit pohon di lahan TNI AD, akan berjalan selama tiga tahun, diawali tahap penanaman tahun 2021, dilanjutkan tahun 2022 tahap perawatan tahun pertama  dan tahun 2023 perawatan tahun kedua. “Dari tiga tahapan itu, diharapkan tanaman dapat hidup dengan maksimal.”


“Mudah-mudahan dengan kerjasama penghijauan ini, kita bisa mengurangi dampak global warming (pemanasan global), menurunkan suhu udara, memperbanyak oksigen serta membuat lingkungan lebih segar, nyaman dan asri,” harap Pangdam.


Sebelum penyerahan bibit pohon, Pangdam lebih dulu menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat.


Selanjutnya, Pangdam bersama Danrem 022/PT, Danrindam I/BB, Bupati Simalungun, Direktur Pelaksana PT Inalum dan Aster Kasdam I/BB memberikan bibit pohon kepada unsur TNI, Polri serta komponen masyarakat, untuk ditanam di kawasan Danau Toba dan dilanjutkan penanaman bersama bibit pohon secara simbolis di pinggiran Danau Toba.


Turut dalam kegiatan itu, Asops Kasdam I/BB, Aslog Kasdam I/BB, Kapendam I/BB, Kepala BPDAS Hutan Lindung Asahan-Barumun, Dandim 0207/Simalungun, Dandim 0201/TU, Dandodiklatpur Rindam I/BB dan lainnya.(BG/HD).




TRENDINGMore