NEWSSAMOSIRSUMUT

Pemkab Samosir Akan Usulkan Pembangunan Irigasi Bertaraf Nasional

Selasa, 25 Januari 2022, 10:28 WIB
Last Updated 2022-01-25T03:28:31Z

Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustofa berbincang saat melakukan Gowes bersama.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR : 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir mengusulkan dan menargetkan pembangunan irigasi nasional di daerah dipimpinnya. Sebab selama ini masih banyak persawahan mengalami kekeringan, disebabkan masih mengandalkan irigasi tadah hujan.


Hal ini diungkapkan Bupati Samosir Vandiko T Gultom, kepada Wartawan Selasa (25/1) di Samosir.


“Pemkab Samosir sudah mengusulkan agar pertanian di Samosir kedepan, diprogramkan pembangunan irigasi nasional melalui Kementerian PUPR. Sebab kita ada memiliki 30 ribu hektar lahan pertanian, sehingga bisa mewujudkan irigasi nasional tersebut,”ujar Diko. 

Di Samosir perlu dibangun irigasi nasional mengingat Kabupaten Samosir hampir 80 persen masyarakatnya bertani. Makanya selain melakukan pembangunan infrastruktur pertanian, Vandiko juga telah memprogramkan peningkatan UMKM di bidang pertanian.


“Kita akan dorong masyarakat agar juga ahli mengelola hasil pertaniannya menjadi produk unggulan UMKM di desanya sendiri. Kita targetkan di setiap desa ada produk unggulan hasil UMKM sendiri,”katanya.


“Misalnya hasil pertanian bawang tidak lagi sekedar bawang mentah tapi bisa diolah sendiri menjadi bawang goreng. Begitu juga hasil pertanian lainnya sebica mungkin diolah menjadi produk unggulan UMKM agar bisa menjadi nilai tambah dan pemasukan bagi masyarakat,”katanya.(BG/RS)



TRENDINGMore