ASLABNEWSPERISTIWASUMUT

Warga Hadang Truk Pemecah Batu Di Petatal Batubara

Senin, 17 Januari 2022, 16:26 WIB
Last Updated 2022-01-17T09:26:18Z
Orasi warga di akses kilang pemecah batu di Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, minta pengelola atasi debu yang ancam kesehatan warga.


BATUBARA-BERITAGAMBAR : 

Puluhan warga hadang truk operasional kilang pemecah batu yang berada di Desa Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, Senin (17/1).



Pantauan Wartawan, warga yang kebanyakan emak emak itu melakukan aksinya tepat di depan pintu keluar masuk kilang pemecah batu.



Menurut salah seorang warga setempat,Zulfian mengatakan, warga sudah sering mendatangi pengelola kilang menyampaikan keluhan terkait truk yang lalu lalang didesa mereka.


"Namun pengelola tidak memperhatikan keluhan warga, makanya kami melakukan aksi ini, dan jika tidak di tanggapi lagi, kami akan kembali turun dengan masa yang lebih banyak lagi," ujar Zulfian.


Aktivitas truk sudah sangat meresahkan warga, sebab debu yang di timbulkan oleh truk mengancam kesehatan warga yang pemukimannya di lalui truk, bahkan ada salah satu warga yang sudah mengalami gangguan pernafasan.



Dalam tuntutannya warga meminta pengelola untuk segera mengatasi debu yang ditinbulkan dari proses pemecahan batu maupun saat truk mengangkut material batu yang melintas di pemukiman warga.


Usai menggelar aksi demo pihak Kecamatan yang diwakili Sekretaris Kecamatan Datuk Tanah Datar, Wali Wala Azhari Sagala dan Plt kepala Desa Petatal Helda,mengundang ke dua belah pihak untuk melakukan mediasi dikantor Desa,Hasil nya pihak perusaahan menanda tangani surat perjanjian yang berisi tuntutan warga,Namun jika perjanjian tersebut dilanggar warga akan mengancam aksi yang lebih besar lagi.(BG/GB)




TRENDINGMore