MEDANNEWSPERISTIWASUMUT

3.267 KK Warga Kota Medan Terdampak Banjir

Senin, 28 Februari 2022, 13:30 WIB
Last Updated 2022-02-28T06:30:14Z

Warga Gang Merdeka, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan dilanda banjir.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan mencatat, ada 9 kecamatan dengan rincian 3.267 KK dan 9.428 jiwa terdampak banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Minggu (27/2) sore hingga Senin (28/2) dini hari.


Adapun kesembilan kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Medan Selayang, Medan Johor, Medan Sunggal, Medan Denai, Medan Baru, Medan Polonia, Medan Labuhan, Medan Amplas dan Medan Maimun. Bahkan, kondisi air di beberapa tempat mencapai dada orang dewasa seperti di Kecamatan Medan Maimun.


Kepala BPBD Kota Medan M Husni, mengatakan banjir yang melanda Kota Medan ini disebabkan karena intensitas hujan yang tinggi sehingga meluapnya air Sungai Babura, Sungai Deli, Sei Batuan dan Sungai Sunggal.


“Semua wilayah yang mengalami banjir sudah kita petakan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan guna memberikan bantuan serta penanganan lainnya,” ungkapnya, Senin (28/2).


“Untuk dapur umum tidak ada kita dirikan, hanya pihak Dinsos sudah kita kordinasikan dalam pemberian makanan. Tenda pengungsian kita dirikan di kawasan Medan Deli, namun tidak ada pengungsi. Sebab warga dominan bertahan di rumahnya masing-masing,” jelasnya.


Husni menambahkan, sejauh ini juga tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut. Meski begitu, pihaknya masih terus melakukan siaga dan pemantauan di lokasi yang terdampak banjir.


Solusi pencegahan jangka panjang harus dengan melakukan normalisasi sungai,"ungkap nya.(BG/MDN)

TRENDINGMore