NEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

Kecamatan Pangururan Gelar Musrenbang 2023

Sabtu, 12 Februari 2022, 18:25 WIB
Last Updated 2022-02-12T11:25:42Z

 

Camat Pangururan Robintang Naibaho, menyerahkan usulan pembangunan dari Kecamatan Pangururan kepada Kepala Bappeda Samosir Rajoki Simarmata, pada Musrenbang Kecamatan RKPD Tahun 2023. 


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan aksesibilitas pembangunan desa wisata, Bupati Samosir melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Samosir, Hotraja Sitanggang menyerahkan SK Desa Wisata kepada sepuluh Kepala Desa se-Kecamatan Pangururan, Sabtu (12/2) di Aula A.E Manihuruk.


Penyerahan SK Desa Wisata merupakan rangkaian dari kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Pangururan.


Ke sepuluh desa wisata tersebut antara lain; Desa Sinabulan, Desa Parbaba Dolok, Desa Parlondut, Desa Pardugul, Desa Lumban Suhi Toruan, Desa Hutabolon, Desa Situngkir, Desa Sialanguan, Desa Huta Tinggi, Kelurahan Siogung-ogung. 


Camat Pangururan Robintang Naibaho menyampaikan bahwa semua usulan dan komitmen bersama hasil musrenbang desa/kelurahan telah sesuai dengan kebutuhan sebagaimana dituangkan dalam RPJMDes/RPJMKel yang telah disusun berdasarkan skala prioritas dengan hasil 666 usulan Desa dan 27 usulan Kelurahan dari 25 Desa dan 3 Kelurahan, di mana segala usulan yang disampaikan telah disandingkan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Samosir Tahun 2021-2026 yakni “Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat, secara Ekonomi, Kesehatan dan Pendidikan”.



Hotraja Sitanggang, menyampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan sarana untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam pencapaian pembangunan yang Berkualitas, Efektif, Efisien, Transparan, dan Akuntabel. 


"RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2023 mengambil tema, Percepatan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Perekonomian, Kesehatan dan Pendidikan, oleh karena itu penyusunan RKPD tahun 2023 harus lebih cermat dan integratif dengan metode Bottom Up dimana perencanaan dimulai dari tingkat bawah ke atas untuk mempercepat pemulihan perekonomian demi kesejahteraan  masyarakat di Kabupaten Samosir", ucapnya.


Dalam hal ini, Asisten juga menegaskan agar para Kepala Desa dapat mensinergikan dan menselaraskan Anggaran Dana Desa (DD) dengan program-program prioritas Kabupaten. "Infrastruktur fisik memang sangat penting, akan tetapi sektor-sektor lain juga harus diprioritaskan, kepala desa dan badan permusyawaratan desa harus kreatif dalam menyusun perencanaan pembangunan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat", ujarnya.(BG/TS)



TRENDINGMore