BUDAYANEWSPERISTIWASUMUT

Sinurat Undang Marga Manurung Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Raja Sinurat

Sabtu, 19 Februari 2022, 14:35 WIB
Last Updated 2022-02-19T07:35:59Z

 

Punguan Sinurat datang mengundang Tulang Manurung dalam rangka pembangunan Peletakan Batu Pertama (batu Ojahan) Tugu Raja Sinurat di Dolok Baringin Bonan Dolok Desa Sinarsabungan, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba. 

TOBA-BERITAGAMBAR : 

Pengurus DPP Punguan Sinurat dohot Boru se Indonesia, bersama Panitia Pembangunan Tugu Raja Sinurat didampingi penetua Sinurat (Natuatua), mewakili Raja Tano, Raja Pagi dan Ompu Gumbok Nabolon, mangokhon Tulang Manurung Ompu Niunggul, dan Hula2 Manurung Guru Mandumpas di Huta Sionggang Tengah,  Kamis (17/2). 


Sekretaris Panitia Pendirian Tugu Sinurat, Parlinggoman Sinurat kepada media mengatakan, Rombongan Pomparan Raja Sinurat dohot paniaran (beserta istri) yang datang mengundang Tulang Manurung sebanyak 30 orang. 


"Kami sangat gembira dan terharu saat tulang Sinurat marga Manurung menerima kehadiran rombongan dengan penuh sukacita. Kami disambut sekitar 35 orang Tulang Manurung bersama paniaran dohot boru," 


Rombongan Sunurat disambut oleh Mangasa Manurung (Op. Aziz). Diawali dengan makan bersama, di halaman rumah Op. Diana Manurung. Tulang Manurung menyiapkan dan menyerahkan dengke (ikan mas) berukuran besar kepada rombongan Sinurat. 


"Kami sangat bahagia menerima dengke dari Tulang. Kiranya dengke itu jadi pasupasu (berkat) bagi kami terlebih demi kelancaran seluruh rencana dan rangkaian acara pendirian Tugu Raja Sinurat," imbuh Parlinggoman. 


Setelah selesai makan bersama, dilanjutkan dengan acara formal untuk menyampaikan maksud dan tujuan kadatangan marga Sinurat ke rumah tulang Manurung. 


Bilmar Sinurat Raja Tano yang didapuk jadi juru bicara (Raja Parhata) menyampaikan undangan kepada hula-hula dan tulang Manurung, bahwa Sinurat akan melakukan acara Peletakan Batu Pertama (batu Ojahan) Tugu Raja Sinurat hari Selasa, tgl 22-02-2022 di Dolok Baringin Bonan Dolok Desa Sinarsabungan, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba. Acara dimulai jam 9:00 pagi. 


Tulang Manurung yang diwakili Pomparan Ompu Tarubar sebagai Raja Parhata Belfrik Manurung, dengan rasa bangga dan terhormat berjanji akan menghadiri undangan dari marga Sinurat  pada acara Peletakan Batu Pertama Tugu Raja Sinurat dengan mengajak semua Pomparan (keturunan) tulang Op. Niunggul dan hula2 Manurung Op. Mandumpas. 


Indahnya budaya Batak yang saling menghargai, penuh rasa kekeluargaan, saling menyayangi dan menghormati namarhulahula - Boru. (BG/REL) 


 

TRENDINGMore