NEWSPERISTIWASAMOSIR

Musrenbang Kecamatan Simanindo Gelar MusrenbangTA 2023

Rabu, 09 Februari 2022, 19:27 WIB
Last Updated 2022-02-10T10:46:46Z

 

Camat Simanindo, Hans Sidabutar menandatangani usulan permohonan pembangunan dari Kecamatan kepada Bappeda Kabupaten Samosir untuk dialokasikan anggaran pada TA 2023. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) RKPD 2023 tingkat Kecamatan Simanindo, Rabu (9/2).


Camat Simanindo Hans R. Sidabutar menyampaikan bahwa usulan dan komitmen bersama sesuai dengan kebutuhan desa sebagaimana dituangkan dalam RPJMDes yang telah disusun berdasarkan skala prioritas melalui musrenbang desa dengan hasil 269 usulan kegiatan dari 21 Desa.


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang, menyampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan sarana untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam pencapaian pembangunan yang Berkualitas, Efektif, Efisien, Transparan, dan Akuntabel. 


"RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2023 mengambil tema, Percepatan Peningkatan  Kesejahteraan Masyarakat Melalui Perekonomian, Kesehatan dan Pendidikan, oleh karena itu penyusunan RKPD tahun 2023 harus lebih cermat dan integratif dengan metode Bottom Up dimana perencanaan dimulai dari tingkat bawah ke atas untuk mempercepat pemulihan perekonomian demi kesejahteraan  masyarakat di Kabupaten Samosir", ucapnya.



Selanjutnya, Asisten II menyampaikan 4 (empat) skala prioritas pembangunan Kabupaten Samosir dalam Ranwal RKPD Tahun 2023 sebagaia berikut; (1) Pencegahan dan Penanganan Bencana Alam dan Non Alam, (2) Kelestarian Budaya dan Pembangunan Pariwisata berkelanjutan, (3) Peningkatan Aksesibilitas dan Kualitas Infrastruktur, (4) Percepatan Reformasi Birokrasi dan Peningkatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).


Kepala Bappeda Litbang Samosir Rajoki R. Simarmata dalam paparannya menyampaikan bahwa Musrenbang tingkat Kecamatan dilaksanakan untuk menampung segala usulan-usulan pembangunan yang akan disusun dalam RKPD Tahun 2023 yang sifatnya sangat prioritas dan bersentuhan langsung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.(BG/TS)




TRENDINGMore