ASLABNEWSPERISTIWASUMUT

Pengedar Narkoba Man Batak Dituntut Jaksa Seumur Hidup

Rabu, 09 Februari 2022, 11:20 WIB
Last Updated 2022-02-09T04:50:03Z
PN Rantauprapat gelar sidang pengedar narkoba Man Batak.


RANTAUPRAPAT-BERITAGAMBAR

Kasus pengedar narkoba yang melibatkan terdakwa IP alias Roy alias MB alias Man Batak (40), dituntut pidana penjara seumur hidup oleh Kejaksaan Negeri Labuhanbatu di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat.

 

Sidang yang digelar, Selasa (8/2) dengan perkara pidana nomor 806/Pid.Sus/2021/PN Rap dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat, Delta Tamtama sebagai ketua majelis hakim didampingi hakim anggota Welly Irdianto dan Hendrik Tarigan.


Pada persidangan itu, Jaksa penuntut umum (JPU) Maulitasari Siregar, Daniel Tulus M Sihotang dan Theresia Tarigan membacakan surat tuntutan secara bergantian di hadapan majelis hakim, terdakwa dan penasihat hukumnya.


Sementara, terdakwa Man Batak mengikuti sidang virtual dari Lapas Rantauprapat. Ia dijerat dalam Undang-Undang Tindak Pidana Narkotika dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), diyakini terbukti melakukan tindak pidana peredaran gelap narkotika dan pencucian uang, atau menukarkan hasil tindak pidana untuk kekayaan.


Dalam pembacaan tuntutan itu, JPU menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan secara bersama-sama melakukan tindak pidana narkoba dan pencucian uang, sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana dan pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, junto pasal 65 ayat (1) KUH Pidana, dan menjatuhkan hukuman pidana penjara seumur hidup, ungkap Maulitasari.


JPU juga menuntut agar barang bukti uang Rp500 juta, 5 unit mobil mewah di antaranya Jeep Rubicon, Pajero, CRV, XPander, L300 dan 14 sertifikat tanah dan bangunan dirampas untuk negara. Sedangkan barang bukti sabu 5 Kg dan pistol jenis airsoftgun, dirampas untuk dimusnahkan.


Menurut JPU, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara, menyatakan atas tindakan terdakwa telah banyak korban dan merusak generasi bangsa.


"Hal-hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat-giatnya memberantas peredaran narkoba," sebut Maulitasari.


Setelah JPU membacakan tuntutannya, Ketua majelis hakim, Delta Tamtama menanyakan terdakwa apakah mendengar dan telah mengerti terhadap tuntutan JPU. Terdakwa menyebut telah mengerti. Sedangkan PH terdakwa, Tengku Fitra Yuvina Rangkuti akan melakukan pembelaan


Terhadap tuntutan jaksa penuntut umum, kami akan mengajukan pembelaan secara tertulis. Mohon waktunya supaya ditunda," mohon Tengku Fitra.


Majelis hakim kemudian menunda sidang hingga Selasa 15 Februari 2022 pukul 11.00 WIB, dengan acara pembelaan dari terdakwa.


Sebelumnya, tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut menangkap buronan kasus kepemilikan narkotika jenis sabu sebanyak 5 kilogram, IP, di Jalan Jenderal Sudirman Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sabtu (9/1) siang.

Tersangka ditangkap bersama istrinya, LY dan supirnya, KH, di dalam mobil dari arah Riau menuju Rantauprapat membawa sabu 5 bungkus (5 Kg). Namun IP sempat kabur, Minggu (10/1) dini hari, ketika polisi melakukan pengembangan kasus. (BG/LB(




TRENDINGMore