NEWSPERISTIWASUMUTTAPANULI

Presiden RI Joko Widodo Kunker ke Humbahas

Kamis, 03 Februari 2022, 18:04 WIB
Last Updated 2022-02-03T11:07:08Z

 

Presiden RI Joko Widodo, melakukan penanaman pohon di Humbang Hasundutan.


HUMBAHAS-BERITAGAMBAR : 

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor bersama Forkopimda Humbahas, Danrem 023/KS sambut kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Halaman Kantor Bupati, Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Kamis (3/2). Kepala Negara itu tiba di Bukit Inspirasi sekitar Pukul 10:02 WIB menggunakan Helikopter TNI AU. 


Presiden RI Joko Widodo, menyapa masyarakat yang menerima sertifikat.


Bersama rombongan presiden, tampak Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan, Mentri PUPR Basuki Hadimuldjono, Mentri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Mengawali kunker RI 1 di Humbahas, Bupati Dosmar menggiring presiden ke ruang kerja bupati selanjutnya bergerak ke menuju Simanglampe melakukan penanaman 1000 batang pohon. 

Presiden RI Joko Widodo, didampingi Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, saat menyerahkan sertifikat hak milik kepada masyarakat di Humbahas.


Penanaman pohon oleh presiden dilakukan di areal Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Desa Simanglampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundun. Penanaman pohon itu diikuti Menko Marvest, Luhut Binsar Panjaitan, Mentri Lingkungan Hidup dan Kehuatanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, Mentri PUPR Basuki Hadimuljono, Mentri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapoldasu Irjen Pol. RZ Panca Putra  Simanjuntak, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor serta ratusan masyarakat.


Kadis Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Herianto kepada wartawan mengatakan, jenis pohon yang akan ditanam adalah jenis macadamia, mangga dan pohon yang berguna bagi masyarakat. "Pohon yang lebih banyak ditanam adalah macadamia nut dari Australia. Sebab lima tahun kedepan, masyarakat sudah bisa mendapatkan buahnya," ujarnya. 


Katanya lagi, luas lahan yang akan ditanami pohon, sekitar 110 Ha. Dari 110 Ha itu, 100 Ha Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) dan 10 Ha Unit Pelestari Sumberdaya Alam (UPSA) dalam kawasan hutan lindung. 


Usai penanaman pohon, dengan pengawalan ketat Paspampres Presiden Jokowi menyapa dan berselfi dengan masyarakat. Selanjutnya presiden langsung menuju penyerahan SK Perhutanan Sosial dan SK TORA yang berjarak sekitar 1 Km dari lokasi penanaman pohon. 


Sekitar pukul 11:30 Jokowi kembali ke rumah dinas bupati Humbahas untuk isoma selanjutnya, pukul 13:48 WIB bertolak ke Kabupaten Dairi melanjutkan agenda kunjungan kerja. (BG/HH)



TRENDINGMore