EKONOMINEWSPERISTIWASUMUT

Presiden Kunker ke Kabupaten Karo

Jumat, 04 Februari 2022, 18:44 WIB
Last Updated 2022-02-04T12:08:27Z

 

Presiden RI Ir H Joko Widodo dan rombongan tiba di lapangan Heliped Desa. Kutambelin, Kecamatan Lau Baleng disambut Forkopimda Karo sekira pukul 09.15 WIB. 

KARO-BERITAGAMBAR : 

Ribuan masyarakat Kabupaten Karo, terutama masyarakat Liang Melas Datas (LMD), Desa Kutambelin, Kecamatan Lau Baleng, tumpah ruah di sepanjang jalan untuk melihat kedatangan Presiden RI, Ir H Joko Widodo beserta rombongan. Kunker Jokowi di hari ke tiga ke LMD wilayah hukum Polres Tanah Karo, Jumat (4/2).

 

Selain melihat proses pembangunan jalan, dirinya juga melihat perladangan jeruk milik warga yang beberapa waktu lalu mengirim dan diterimanya saat berada di Istana Presiden.


Dengan menggunkan tiga unit Helicopter jenis Super Puma. Presiden RI, Ir H Joko Widodo dan rombongan, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr H Sandiaga Salahudin Uno, Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin S.I.P.,M.M dan Kapolda Sumut Irjen Pol R Z Panca Putra S. M.Si. Tiba di lapangan Heliped Desa. Kutambelin, Kecamatan Lau Baleng sekira pukul 09.15 WIB.


Rombongan Presiden langsung disambut Forkopimda Karo diantaranya Bupati Karo, Kapolres T. Karo, Dandim 0205/TK dan elemen masyarakat, dan langsung dipakaikan (Uis Nipes) kain khas Karo. Selama berada di Kabupaten Karo rombongan berjalan aman dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan.


Dari lokasi penderatan, Presiden Jokowi dan rombongan selanjutnya bertolak ke areal perladangan buah jeruk, yang lokasinya tidak jauh dari titik penderatan heliped. Rasa bahagia dan senang terlihat dari ribuan wajah senyum masyarakat yang hadir dilokasi saat Presiden dan rombongan tiba di desa mereka.


Dalam keterangan Jokowi menyebutkan, pihaknya akan memerintahkan dan menfokuskan Mentri PUPR dan Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk segera mendukung para petani jeruk, agar hasil pertanianya juga bisa dikembangkan dalam sektor pariwisata. 


Selain itu, pembangunan jalan produksi ini diharapkan mampu memberikan hasil keuntungan para petani dengan harga yang kopetitif. Dengan nantinya akan menekan ongkos pengiriman dan bisa di edarkan ke seluruh Indonesia, terutama bisa bersaing dengan jeruk jeruk import. 


"Perbaikan infrastruktur merupakan solusi atasi keterpurukan perekonomian kususnya harga komoditas pertanian" katanya. 


Lanjut Jokowi, dirinya sudah menyampaikan ke Mentri PUPR, kasus kasus seperti ini tidak hanya ada di Kabupaten Karo saja, melainkan di beberapa kabupaten di Indonesia ini banyak area area produksi infrastrukturnya tidak didukung jalan yang baik. Sehingga struktur biaya menjadi terlalu besar, mengakibatkan harga barangnya tidak kopetitif dan masyarakat lebih memilih membeli barang import yang harganya lebih murah dari barang kita lokal sendiri. 


Sementara itu, kepada Mentri Pariwisata dan Kreatif Ekonomi. Presiden meminta kedepanya segera melakukan pengemasan produksi dan brendingnya dilakukan lebih baik lagi ada disetiap jeruk, serta usicek yang tidak hanya mengangkat harga produk produk petani kita bukan hanya jeruk saja, melainkan komuditas komuditas kita yang lain.


Tambahnya, dari keterangan dan penghitungan Mentri PUPR, kita butuh sekitar 40 ribu kilometer infrastruktur jalan jalan produksi yang harus segera di perbaiki dan kita bangun. Tujuanya untuk menjatuhkan biaya pengiriman logistik ke harga yang lebih normal kedepanya.


Pantauan Wartawan, kunjungan Presiden dan rombongan ke Liang Melas Datas setelah melakukan kunjungan terakhir di perladangan jeruk dan bercengkramah dengan para petani. Presiden dan rombongan sekira pukul 10.30 WIB, dengan menggunakan Helikopter selanjutnya meninggalkan lokasi menuju lokasi di luar Kabupaten Langkat. (BG/KR).




PRESIDEN RI Ir H Joko Widodo menikmati buah jeruk bersama warga petani jeruk di Liang Melas Datas. Waspada/Micky Maliki.

TRENDINGMore