NEWSSAMOSIRUPDATE

Covid-19 Melonjak di Samosir, Pemkab Rayakan HUT ke-18

Selasa, 01 Maret 2022, 13:56 WIB
Last Updated 2022-03-01T06:56:06Z

 

Suasana perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke 18 dalam suasana penyebaran Covid-19 yang melonjak signifikan. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kabupaten Samosir kembali mencatatkan rekor baru dalam penyebaran Covid-19. Pasalnya, per Senin, 28 Februari 2022, kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Samosir mencapai 471 orang.


Namun sangat disayangkan, di tengah lonjakan drastis kasus Covid-19, dan berbagai kesulitan masyarakat akibat pandemi, Pemerintah Kabupaten Samosir ngotot tetap menggelar perayaan hari jadi Kabupaten Samosir ke-18 tahun, Selasa (1/3) di halaman kantor bupati.


Amatan wartawan, perayaan ini mengundang berbagai masyarakat, yang menimbulkan kerumunan massa di masa pandemi Covid-19.


Perayaan ini pun disesalkan sejumlah masyarakat. Seperti pegiat sosial, Franky Rajagukguk alias RG mengatakan, bagaimana mungkin, seorang bupati seenaknya melanggar ketentuan pemerintah dan menggelar perayaan ditengah lonjakan Covid-19.


Menurutnya, sangat aneh di tengah kerja keras pemerintah pusat maupun propinsi Sumatera Utara memutus mata rantai pandemi Covid 19, Pemkab Samosir justru membuat acara yang menimbulkan kerumunan orang.


“Tentunya hal ini sangat tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah yang justru tengah giat-giatnya menekan penularan Covid 19," ujarnya.


Pelanggaran secara nyata menimbulkan kerumunan ini, dikhawatirkan bisa membuyarkan segala upaya yang telah dilakukan pemerintah selama ini dalam menekan penyebaran Covid-19.


Franky Rajagukguk, berharap Mendagri maupun Gubernur Sumatera Utara memberiksan sanksi kepada Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST. Sebab apa pun alasannya, aksi pengumpulan massa ini tidak sejalan dengan usaha memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir.


Berdasarkan data terbaru penyebaran Covid-19, yang dirilis Kominfo Samosir per Senin (28/2), kasus aktif mencapai 471.


Sesuai data yang dirilis Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, sampai saat ini Kabupaten Samosir berada di urutan 7, penyebaran Covid-19 terbesar di Sumatera Utara. 


Namun dalam sambutannya Ketua Panitia Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke 18 Mangihut Sinaga mengatakan, pelaksanaan pesta diadakan terbatas dan sesuai prokes. 


Dikatakannya, sesuai Peraturan Bupati Samosir, pagelaran perayaan ulang tahun Samosir diadakan 28 Februari setiap tahunnya. 


Pantauan wartawan di lokasi pesta, acara perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke 18 dihadiri undangan dari luar daerah. (BG/REL)





TRENDINGMore